Sejuta Pesona Pulau Pari

Sunset di Pulau Pari

Sunset di Pulau Pari

Pulau Pari berada di sebuah desa di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Lokasi wisata ini masih berada di dalam gugusan wisata Pulau Seribu yang terletak di pesisir utara Provinsi DKI Jakarta.

Menurut data yang dilansir dalam website resmi Pemprov DKI Jakarta, sampai tahun 2013 jumlah pulau yang ada di Kepulauan Seribu mencapai 104 pulau. Namun tidak semua pulau tersebut berpenghuni atau dijadikan pemukiman warga, hanya 11 pulau yang dihuni warga sisanya dijadikan resort dan pulau kosong.

Potensi Kepulauan Seribu terletak pada sektor pariwisatanya, seperti yang terdapat di Pulau Pari. Pulau ini berbentuk seperti Ikan Pari jika dilihat dari udara, karena itulah dinamakan Pulau Pari.

Memiliki wilayah dengan luas 40,32 hektar, dengan jumlah penduduk sekitar 800 jiwa. Pulau Pari menawarkan pesona alam yang indah, dengan keasrian alam yang masih terjaga.

Perjalanan menuju Pulau Pari dapat ditempuh menggunakan kapal kayu dari Pelabuhan Baru Kali Adem di Muara Angke yang menghabiskan waktu sekitar 2 jam atau bisa juga dengan menyewa speed boat dari Marina Ancol yang membutuhkan waktu tempuh 1 jam 15 menit.

Pulau Pari memiliki keindahan pantai yang indah. salah satu pantai yang terkenal di Pulau Pari adalah Pantai Pasir Perawan, berada di sebelah timur Pulau Pari. Pantai berpasir putih dengan air yang jernih ini dikelilingi oleh hutan bakau sebagai pertahanan abrasi air laut. Kita dapat menyusuri hutan bakau dengan menyewa sampan yang banyak tersedia di tepian pantai.

Untuk yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling, Pulau Pari menawarkan keindahan bawah laut dengan terumbu karang yang terawat baik. Berbagai wahana permainan air juga tersedia seperti banana boat dan speedboat yang disediakan oleh pengelola wisata.

Jangan lewatkan juga kesempatan melihat keindahan lain di pulau ini dengan bersepeda. Pulau ini tidak terlalu luas, hingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengelilinginya.

Banyak terdapat homestay di pulai ini dengan harga terjangkau. Kalau lapar, tidak usah khwatir, banyak warung makan ini dengan menu andalan ikan bakar. Soal harga tidak akan merobek kantong anda.

Tak lengkap rasanya jika ke Pulau Pari tidak menikmati matahari tenggelam atau sunset. Untuk menikmati sunset, anda dapat bersepeda ke ujung Barat Pulau Pari, tepatnya di Komplek Wisma LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Anda akan menyaksikan sinar matahari keemasan memantul indah di permukaan air laut yang jernih. Indah sekali.