Sungai Lematang Meluap, 6 Desa di Ujanmas Terendam

Banjir di Ujanmas menggenangi ratusan rumah dan kebun warga

Banjir di Ujanmas menggenangi ratusan rumah dan kebun warga

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Banjir melanda 6 desa di Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dengan ketinggian rata-rata 1-2 meter.  Ini adalah banjir kelima sepanjang musim hujan ini, tergolong besar hingaa  merendam ratusan rumah di enam desa.

(Baca Juga: Kapolda Sumsel Kunjungi Muara Enim)

Banjir ini dipicu hujan deras dalam beberapa hari terakhir yang melanda hulu Sungai Lematang. Akibatnya, Sungai Lematang yang melintasi Kecamatan Ujan Mas meluap.

(Baca Juga: Peringati Hari Kartini, Pemkab Muara Enim Berikan Penghargaan Kepada 2 Orang Perempuan)

Sehingga menyebabkan banjir yang merendam ratusan rumah,  diantaranya di Desa Tanjung Raman, Muara Gula Lama, Muara Gula Baru, Pinang Belarik, Ujanmas Lama, Guci dan Ulak Bandung. Selain merendam ratusan rumah, banjir juga merendam kebun dan sawah milik warga.

(Baca Juga: Sungai Aur Meluap, Ratusan Rumah Di Kota Muara Enim Terendam)

Menurut seorang warga Desa Ujanmas, Dedi Harlan (35) banjir terjadi sejak tadi malam dengan ketinggian air mencapai 1-2 meter.

(Baca Juga: Komisi I DPRD Muara Enim Rapat Bahas Pengrusakan Kebun Warga Oleh PT R6B )

“Sebagian warga sudah mengungsi ke rumah kerabat, tapi ada juga yang mengungsi ke pinggir jalan desa sembari menunggu air surut,” kata Dedi.

(Baca Juga: Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Muara Enim Anggarkan Rp43,2 Miliar)

BPBD dan Tagana terlihat bersama masyarakat bahu-membahu membantu memindahkan barang dan mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi. Warga berharap pemerintah dapat segera menyalurkan bantuan seperti pakaian, makanan, dan air bersih.