203 Penyuluh Pertanian Muara Enim Ikuti Pertemuan Teknis

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar memberikan sambutan pertemuan teknis dan petani andalan Se-Kabupaten Muara Enim, di Hotel Grand Zuri , Muara Enim, Kamis (26/05/2016)

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar memberikan sambutan pada pertemuan teknis dan petani andalan Se-Kabupaten Muara Enim, di Hotel Grand Zuri , Muara Enim, Kamis (26/05/2016)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Sebanyak 203 petugas penyuluh pertanian lapangan Kabupaten Muara Enim, mengikuti pertemuan teknis dan petani andalan Se-Kabupaten Muara Enim Tahun 2016, di Hotel Grand Zuri  Muara Enim, Kamis (26/05/2016).

(Baca Juga: Presiden Joko Widodo Terbitkan Perpu Kekerasan Seksual Terhadap Anak)

Pertemuan tersebut menghadirkan narasumber dari Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI Amiruddin A. Beng dan Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Pusat Isran Noor.

(Baca Juga: Bupati Buka Bulan Bakti Gotong Royong Muara Enim)

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan, pertemuan penyuluh dan petani andalan se-Kabupaten Muara Enim ini dalam rangka mensinergikan antar penyuluh dan petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk mendukung suksesnya pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, khususnya swasembada pangan menuju Kabupaten Muara Enim SMAS (Sehat Mandiri Agamis dan Sejahtera).

(Baca Juga: Bupati Minta Pengusaha Manfaatkan Batubara Kalori Rendah)

Kepada para penyuluh dan petani andalan bupati meminta untuk terus melakukan pendampingan secara intensif, bersinergi dengan kelompok-kelompok tani serta bekerja sama Bintara Pembina Desa (Babinsa).

(Baca Juga: Rumah Kosong di Dusun IV Kelurahan Muara Enim Terbakar)

“Saya menghimbau untuk terus meningkatkan kinerja baik sebagai penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan. Semoga kita dapat mencapai target Upsus Pajale yang telah ditetapkan,” himbau Muzakir.

(Baca Juga: Wakil Bupati Muara Enim Buka Seminar TB)

Bupati juga berharap kepada pemerintah pusat agar mengupayakan penambahan kuota penerimaan tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan PNS.
Karena lanjut bupati, tenaga penyuluh yang ada tidak sebanding dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Muara Enim

(Baca Juga: Partai Golkar Keluar dari Koalisi Merah Putih)

Dijelaskan bupati, Kabupaten Muara Enim terdapat 255 desa dengan jumlah penyuluh 203 orang. Terdiri dari penyuluh pertanian PNS 120 orang, penyuluh perikanan PNS 9 orang, penyuluh kehutanan PNS 16 orang, THL-TBPP 49 orang dan tenaga honorer 9 orang.

(Baca Juga: Pemkab Muara Enim Desak Pemprov Sumsel Selesaikan Masalah Tapal Batas)

“Kita berharap agar Kementerian Pertanian dapat terus memperkuat dan memantapkan kelembagaan penyuluhan yang merupakan faktor pendukung penting dalam pembangunan pertanian,” harap bupati.