4 Juta Pelajar SMP se-Indonesia Hari Ini UN Serentak

Pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di salah satu sekolah di Kabupaten Muara Enim

Pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di salah satu sekolah di Kabupaten Muara Enim

PALUGADANEWS.COM, JAKARTA — Sebanyak4.130.681 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madarasah Tsanawiyah (MTS) dan Paket B di seluruh Indonesia hari ini, Senin (9/5/2016), menjalani ujian nasional (UN) secara serentak selama empat hari ke depan.

(Baca Juga: Menteri Marwan: Dana Desa Jangan Digunakan Membeli Kendaraan Dinas)

Jumlah peserta UN itu terdiri dari 3.902.948 pelajar SMP/MTS dan 227.743 peserta UN Paket B. Sebanyak 156.320 siswa merupakan peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK), tersebar di 984 sekolah di seluruh Indonesia.

(Baca Juga: Libur Akhir Pekan, Kemacetan Parah Terjadi Di Jakarta)

Untuk Hari pertama UN SMP, para siswa akan menghadapi ujian untuk mata pelajaran bahasa Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan sejak dini hari meninjau langsung pelaksanaan UN SMP di SMPN 114 Jakarta Utara yang menjadi lokasi penyimpanan soal  untuk sub rayon 4 wilayah 2 Jakarta. Pada UN 2016 ini, SMPN 114 sendiri masih menggunakan ujian berbasis kertas pensil.

(Baca Juga: Peraturan Baru Menakertran, Karyawan satu Bulan Kerja Berhak Terima THR)

“Kami selalu mendorong jumlah sekolah yang menggunakan UNBK. Terbukti sudah ada peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya,” ujar Anies di SMPN 114 Jakarta, Senin (9/5/2016), seperti dilansir dari okezone.com.

(Baca Juga: Tingkat Membaca dan Menulis Masyarakat Indonesia Rendah)

Anies berharap penyelenggaraan UN berjalan lancar dan para siswa dapat mengerjakan soal ujian dengan lancar hingga Kamis mendatang.