Mendikbud Pantau UN SD di Kota Palembang

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Foto: Kemendikbud)

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah dasar (SD) di Kota Palembang, Senin (16/5/2016).

(Baca Juga: Ujian Paket B di Kecamatan Ujanmas diikuti 22 Peserta)

Anies didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo meninjau kesiapan sekolah pelaksanaan ujian di SDN 23 yang berada di jalan Hoki Kawasan kampus dan SDN 30 di jalan Sungai Tawar, Kelurahan 29 Ilir, Palembang.

(Baca Juga: 4 Juta Pelajar SMP se-Indonesia Hari Ini UN Serentak)

Dalam kunjungan tersebut Mendikbud didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo mengharapkan ujian utama SD di Sumatera Selatan bisa berjalan lancar dan seluruh siswa dapat menjawab soal-soal dengan baik dan benar.

“Saya ingin semua siswa SDN 23 ini sukses,” pesannya seperti dilansir dari republika.co.id, Senin (16/05/2016).

(Baca Juga: Pemkab Muara Enim Gelar Upacara Peringatan Hardiknas)

Menurut Anies, UN SD tahun ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah setempat dan waktu yang berbeda-beda dengan daerah lain.

(Baca Juga: Hari Ini Tujuh Sekolah di Muara Enim Gelar UN Berbasis Komputer)

“Ujian utama tingkat SD berbeda dengan ujian nasional tingkat SMP dan SMA Sederajat. Ujian nasional SMP dan SMA seluruh soal-soal disiapkan Kemendikbud. Pelaksanaan ujian juga tidak serentak. Seperti di Sumatera Selatan hari ini, di Jawa Barat belum melaksanakan ujian hari ini,” terangnya.

(Baca Juga: DPRD Muara Enim Pertanyakan Mutasi 170 Kepala Sekolah )

Anies Baswedan berpesan khusus kepada para siswa, agar melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin.

“Jika mau seperti saya ada beberapa aspek perlu diketahui. Pertama karakter yang baik, kompetensi, kreatif, komunikasi, kolaborasi dan literasi dasar. Tinggikan cita-cita mu,” katanya.

(Baca Juga: Tingkat Membaca dan Menulis Masyarakat Indonesia Rendah)

Data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, tercatat sebanyak 28.007 siswa yang mengikuti ujian utama SD tahun 2016.

(Baca Juga: Bupati Muara Enim Lantik 170 Kepala Sekolah)

Setelah melakukan peninjauan ke sekolah-sekolah, Mendikbud hari ini juga dijadwalkan akan membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang akan diselenggarakan di Palembang Sports Conventions Center.