Wakil Bupati Muara Enim Buka Seminar TB

IMG_20160522_140758

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pengurus Daerah Aisyiyah Muara Enim menggelar seminar gerakan bebas tubercolosis (TB) di Hotel Grand Zuri Muara Enim, Jumat (20/5/2016).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman. Kegiatan seminar dalam rangka peringatan Hari Tubercolosis (TB) sedunia dan milad Aisyiyah ke- 102 mengangkat tema Perempuan Bangkit Muara Enim Sehat.

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pengurus Aisyiyah Muara Enim.  Menurut Nurul, seminar tentang TB ini akan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit menular tersebut.

“Seminar ini membantu mendukung visi Kabupaten Muara Enim SMAS, yaitu Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera,” kata Nurul.

Nurul juga mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim untuk melakukan pola hidup sehat, dimulai dari pola makan yang baik dan berolahraga yang teratur agar terhindar dari penyakit TB.

Pada kesempatan tersebut, Nurul mengingatkan Dinas Kesehatan untuk melakukan pencegahan penyakit TB sedini mungkin, sehingga Muara Enim SMAS dapat terwujud.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Zakiah Tjik Tjan mengatakan, Aisyiyah merupakan organisasi perempuan  yang bergerak di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan kesehatan. Aisyiyah bertujuan untuk memajukan gerakan islam sehingga dapat mengajarkan pendidikan islam kepada generasi penerus agar terhindar dari keterbelakangan moral dan spiritual.

“Di zaman modern ini, hancurnya moral anak bangsa karena pengaruh teknologi yang kebablasan menyebabkan hal negatif seperti banyak kasus pemerkosaan, pornografi dan lain sebagainya,” kata Zakiah.

Oleh karena itu lanjut dia, pada Milad Aisyiyah ke 102 ini dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan dan mendispilinkan diri untuk kemajuan bersama.

Ketua panitia, Zahra, mengatakan seminar ini menghadirkan pemateri istri Bupati Muara Enim Shientta Paramitha Sari, Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim dr Yan Rialdi dan Ketua DPW Aisyah Muara Enim Zakiah Tjik Tjan.

Zahra menjelaskan, seminar TB didanai oleh Global Fund sebanyak 40%, ditambah dari beberapa donatur yaitu PT Bukit Asam (PTBA) serta dana swadaya lainnya. Melalui seminar ini lanjut dia, diharapkan dapat menekan dan mengurangi penderita TB khusunya di Kabupaten Muara Enim.