Dorna Setujui Rancangan Sirkuit Jakabaring

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di sirkuit Sepang, Sabtu sore (29/10) kemarin.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di sirkuit Sepang, Sabtu (29/10). (Foto: Humas Pemprov Sumsel)

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Gagalnya Sirkuit Sentul sebagai penyelenggara MotoGP 2017 membawa peluang besar bagi Sumsel untuk membuat sirkut yang lebih baik bagi ajang kompetisi MotoGP.

Berita Lain: Alex Noerdin Gandeng 6 LSM Internasional Kelola Lanskap Sumsel

Otoritas MotoGP, Dorna Motor Sport, menyetujui rancangan sirkuit Jakabaring menuju sirkuit yang diproyeksikan menjadi tuan rumah MotoGP 2018.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di sirkuit Sepang, Sabtu sore (29/10) kemarin.

Berita Lain: Alex Noerdin: Sumsel Penyerap APBN Terbesar

Pada pertemuan itu Gubernur Sumsel menjelaskan rancangan sirkuit yang akan dibangun di kawasan Jakabaring, Palembang, dilanjutkan pertemuan tim teknis sore harinya.

Menurut Alex, pembangunan sirkut akan dimulai  2017. Pemprov Sumsel telah menyiapkan lahan seluas 120 hektare di Jakabaring

“Pertemuan itu merupakan kemajuan yang luar biasa, ditandai dengan kesepakatan dan kesepahaman bersama.  InsyaAllah, 2017 segera dibangun sirkuit MotoGP di Jakabaring,” ujarnya.

Berita Lain: Alex: AW Nofiadi Diberhentikan Berdasarkan SK Mendagri

Alex Noerdin menegaskan pembangunan sirkuit tidak akan menggunakan dana  APBD atau  APBN, melainkan  investasi swasta. Saat ini, lanjut dia, sudah ada dua investor besar  baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin membangun sirkuti Jakabaring.

“Nanti kami adu kemampuan investornya,” pungkasnya.

Berita Lain:  Sejumlah Pihak Sesalkan Keluarnya Izin Dispensasi Angkutan Batubara

Rancangan Sirkuit Internasional Jakabaring Palembang yang disodorkan ke pihak Dorna merupakan rancangan Hermann Tilke yang merupakan pembuat sirkuit Formula 1 yang terkenal.

Berita Lain:  Muzakir Sai Sohar Dilantik Menjadi Ketua FKPPI Sumsel

Rancangan Sirkuit Jakabaring berkarakter cepat (high speed) akan dibangun diatas lahan seluas 12o hektar dengan panjang 4314 meter, 14 tikungan, trek 750 meter, dan di trek start finish 545.