Bali Bird Park, Wisata Edukasi di Pulau Dewata

(Foto: Balisaritour)

(Foto: Balisaritour)

PALUGADANEWS.COM — Jika anda berencana berwisata ke Pulau Bali membawa keluarga dan anak-anak, pastikan tempat wisata yang anda tuju memberi nilai tambah ilmu pengetahuan buat anak anda.

Pulau dewata menawarkan begitu banyak pilihan tempat wisata edukasi untuk anak dan salah satunya adalah Bali Bird Park atau Taman Burung Bali.

Taman Burung Bali dibangun sekitar 20 tahun yang lalu . Terdapat 1.000 burung dan berbagai jenis unggas lainnya di taman yang berada di atas lahan seluas 2 hektar ini. Jenis burung tersebut terdiri dari 250 spesies dari berbagai negara di dunia, seperti, Elang Jawa, Elang Ular Bido, Kaswari, Cendrawasih, Merpati, Bangau, Pelican, Kakak Tua dan unggas lainnya.

Taman Burung Bali ini juga terkenal dengan burung yang sangat langka keberadaannya yaitu Jalak Bali. Selain satwa unggas, disini juga terdapat berbagai jenis tanaman tropis yang berjumlah sekitar 2.000 jenis.

Mengajak anak anda berfoto bersama, bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan di Taman Burung Bali (Foto: Andi Rasyid)

Mengajak anak anda berfoto bersama burung bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan di Taman Burung Bali (Foto: Andi Rasyid)

Aktivitas & Atraksi 

Di tempat ini aktivitas anda dan keluarga tidak hanya melihat berbagai jenis burung, anda juga dapat memberi makan burung dan melihat proses pengembangbiakannya.

Selain melihat burung, terdapat juga atraksi Burung Kakak Tua terbang, Theater 4D, melihat Komodo dan foto bersama burung, yang pastinya disukai anak-anak.

Fasilitas 

Setelah anda dan keluarga lelah berjalan di Taman Burung Bali, anda dapat beristirahat di restoran dan kafe yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Jika anda mau membeli oleh-oleh, di tempat ini tersedia juga toko cinderamata dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Taman Burung Bali yang jam operasionalnya  mulai pukul 09:00 – 17:30 ini juga menyediakan tour guide gratis untuk pengunjung dengan pemesanan lebih dari  20 orang.

Jalak Bali merupakan salah satu burung langka koleksi Taman Burung Bali (Foto: Istimewa)

Jalak Bali merupakan salah satu burung langka koleksi Taman Burung Bali (Foto: Istimewa)

Lokasi 

Taman Burung Bali berada  di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali. Sekitar 20 kilometer dari Denpasar atau sekitar 50 menit dari kawasan pantai Kuta dengan kondisi lalu lintas yang tidak macet.

Tidak ada angkutan umum yang melewati rute taman burung ini, cara yang paling baik untuk ke lokasi menggunakan jasa sewa mobil atau taxi.

Harga Tiket 

Harga tiket masuk ke Taman Burung Bali bagi wisatawan domestik Rp 150.000/orang untuk dewasa dan Rp. 75.000/orang untuk anak-anak (usia 2-12 tahun). Anak di bawah 2 tahun tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Sementara untuk wisatawan mancanegara harga tiket masuk berkisar Rp. 450.000,-.

Bagaimana, apa anda tertarik mengunjungi tempat ini? Pastinya ya. Berikut referensi wisata lain yang layak anda kunjungi juga di musim liburan mendatang.

Menyusuri Air Terjun Di Muara Enim yang Masih Alami
Serunya Jelajah Kebun Strawberry Petik Sendiri di Desa Segamit, Semende
Legenda Putri Dayang Merindu di Goa Putri
Sejuta Pesona Pulau Pari

Referensi:

  • Jalan-Jalan Bali (Maria Ekaristi & Agung Bawantara)
  • www.water-sport-bali.com