BPBD Beri Pelatihan Tenaga Relawan se Kabupaten Muara Enim

Para peserta pelatihan peningkatan sumber daya manusia dan tenaga relawan se-Kabupaten Muara Enim

Para peserta pelatihan peningkatan sumber daya manusia dan tenaga relawan BPBD se-Kabupaten Muara Enim

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim memberikan pelatihan peningkatan sumber daya manusia dan tenaga relawan se-Kabupaten Muara Enim.

Pelatihan dilakukan untuk melatih kepekaan tenaga relawan baru untuk mendeteksi bencana sejak dini ini dilaksanakan selama lima hari di Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa  (22/11/2016), diikuti 80 peserta.

Kepala BPBD Muara Enim, Agus Fahrurrozi mengatakan, pelatihan ini mereka lakukan setiap tahun untuk relawan dan masyarakat agar dapat melakukan pecegahan dan mendeteksi sejak dini bencana.

BERITA LAIN:

Agus menyatakan, para peserta akan diberi materi seputar kesiagaan terhadap bencana.

“Pematerinya selain dari BPBD Provinsi Sumsel, melibatkan juga Tim SAR, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Provinsi Sumsel, BLH Muara Enim, Dinas Kehutanan Muara Enim, dan Kodim 0404 Muara Enim,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten I Pemkab Muara Enim, Bulgani Hasan mengatakan, penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama.

Untuk itu, lanjut dia, mengantisipasi terjadinya bencana alam, menghindari korban jiwa yang berlebihan, dan kerugian harta benda melalui pemberian peringatan sejak dini kemungkinan terjadinya bencana. Selain itu akan mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh bencana tersebut.