Dandim 04/04: Indonesia Berdiri Karena Keberagaman

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Jamaludin menegaskan berdirinya Indonesia karena adanya perbedaan dan keberagaman.

“Indonesia berdiri bukan hanya karena satu agama saja, bukan hanya karena satu suku saja tapi karena perbedaaan. Kebhinekaan tunggal ika Indonesia yang menjadi salah satu dasar berdirinya negara kita,” ujar Dandim di hadapan wartawan yang menghadiri dialog dan audiensi dengan Pemkab Muara Enim di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Senin (28/11/2016).

Hal tersebut ditegaskan Dandim menanggapi rencana unjuk rasa di Jakarta tanggal 2 Desember 2016 mendatang.

BERITA LAIN:

Menurut Dandim, dari laporan intelijen, aksi massa 2 Desember tersebut bukan lagi mengangkat isu tentang penistaan agama, namun sudah ditunggangi kepentingan pihak asing yang bertujuan untuk memecah-belah persatuan Indonesia.

Untuk itu, Dandim mengimbau bagi warga Muara Enim yang akan mengikuti unjuk rasa tersebut agar diurungkan.

“Kasus penistaan agama sudah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, tinggal menunggu proses hukumnya. Jadi untuk apa lagi melakukan demonstrasi lagi,” kata Dandim.

Dikatakan dia, saat ini perang menghancurkan negara bukan lagi melalui senjata, tapi perang Proxy melalui ideologi, sosial dan ekonomi.

“Negara Uni Soviet hancur bukan serangan pihak lawan melalui perang bersenjata tapi pertikaian di dalam negeri. Hal ini yang kita khawatirkan pada demo 2 Desember nanti,” kata Dandim.

Terkait kondisi tersebut, lanjut dia, TNI menggagas gerakan Nusantara Bersatu pada 30 November 2016 mendatang, sebagai bentuk mempererat kesatuan bangsa dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI.

“Melalui kegiatan Nusantara Bersatu ini kita tunjukan kepada dunia, bahwa Indonesia masih Bhineka Tunggal Ika, masih bersatu dan tidak bisa dipecah belah oleh pihak asing,” tegas Dandim.

Pada kesempatan itu, Dandim juga berharap kepada media untuk menginformasikan kegiatan tersebut kepada masyarakat

“Media sangat berperan dalam membentuk dan mengarahkan opini publik di masyarkat. Untuk itu dibutuhkan peran media membentuk opini publik yang baik demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya.