Wabub: Derajat Kesehatan Mempengaruhi Prilaku

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman memberikan cinderamata kepada Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani yang menjadi narasumber sosialisasi Germas di Muara Enim, Senin (07/11/2016).

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman memberikan cinderamata kepada anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani yang menjadi narasumber sosialisasi Germas di Muara Enim, Senin (07/11/2016).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman mengatakan derajat kesehatan masyarakat sangatlah dipengaruhi oleh prilaku, lingkungan, sarana pelayanan kesehatan dan keturunan.

Hal itu dikatakan Nurul Aman ketika membuka Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di ruang rapat Bappeda Muara Enim, Senin (07/11/2016).

Namun kata Nurul perlu adanya kesadaran pola hidup sehat pada diri individu itu sendiri, karena pengaruh yang paling besar dalam pola hidup sehat berasal dari prilaku individu.

“Untuk itu diperlukan gerakan yang sistematis dan mendorong masyarakat untuk hidup sehat dengan program Germas ini. Melalui Germas akan menciptakan masyarakat yang sehat, sehingga program Muara Enim SMAS akan tercapai,” kata Nurul.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim dr. Yan Riadi menjelaskan, program Germas untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana cara hidup sehat, makanan sehat serta bergizi.

“Germas dimulai dengan tiga kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM),” terang Yan.

Tujuanya antara lain menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, serta menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Kegiatan sosialisasi menghadirkan dua narasumber dari Dirjen Kesehatan Farina Handayani dan anggota DPR RI Komisi IX Irma Suryani.