Wabub Nurul Aman: Penanggulangan Bencana Tanggung Jawab Bersama

Puncak musim penghujan mengakibarhtkan terjadinya banjir dan tanah longsor dibeberapa wilayah di Kabupaten Muara Enim

Puncak musim penghujan mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor dibeberapa wilayah di Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, menyatakan, penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab BPBD dan relawan, tetapi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan.

“Urusan bencana tidak bisa hanya dibebankan kepada BPBD dan relawan saja,  tetapi tanggung jawab kita bersama,” kata Nurul saat menyampaikan sambutannya
pada acara pelatihan dan sosialisasi penanganan bencana yang diselenggarakan BPBD Muara Enim di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Senin (14/11/2016).

Dengan sering terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor di Kabupaten Muara Enim,  Nurul meminta kepada para kepala desa yang mengikuti kegiatan sosialisasi bersama masyarakat agar bersiaga sebelum dan sesudah bencana.

“Penanganan terhadap bencana alam harus dilakukan sejak dini, tidak hanya saat terjadi bencana tapi juga sebelum terjadi bencana harus sudah disiapkan juga penanganan dan program agar korban dan kerusakan dapat diminimalkan,” ujar Nurul.

PILIHAN REDAKSI:

Kepala BPBD Muara Enim melalui Kasi Kesiapsiagaan, Muhammad Husin, menyampaikan kepala desa harus bersiaga menghadapi bencana, karena saat ini merupakan puncak musim penghujan yang dapat mengakibarhtkan terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Kepala desa merupakan bagian terdepan melakukan penangananan terhadap bencana sebelum BPBD turun ke lokasi bencana,” kata Husin .

Saat ini BPBD Muara Enim telah menerima laporan bencana alam berupa banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Kabupate Muara Enim.

Untuk itu, kata dia, BPBD Muara Enim telah berkordinasi dengan berbagai pihak menyiapakan sejumlah petugas dan peralatan guna penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor khususnya di desa-desa terpencil.