Diresmikan Bupati, BPR Gerbang Serasan Mulai Beroperasi

Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Shinta Paramita Sari, melakukan pengguntingan pita peresmian BPR Gerbang Serasan, Senin (5/12/2016).

Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Shinta Paramita Sari, melakukan pengguntingan untaian bunga melati, menandai peresmian BPR Gerbang Serasan, Senin (5/12/2016).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Sebuah perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Muara Enim di bidang jasa keuangan dan perbankan kini hadir Kota Muara Enim. Perusahaan tersebut adalah PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Gerbang Serasan.

Menandai dimulainya pengoperasian BPR tersebut, tadi pagi dilakukan pelucuran sekaligus peresmian kantor BPR Gerbang Serasan yang terletak di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II Muara Enim, oleh Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar.

Peresmian juga dihadiri Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Shinta Paramita Sari, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumsel Panca Hadi Suryatno, pejabat Muspida dan SKPD di jajaran Pemkab Muara Enim.

BERITA PILIHAN REDAKSI:

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan BPR Gerbang Serasan didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UKM).

Sampai saat ini, Pemkab Muara Enim, kata dia, telah menggelontorkan Rp130,9 miliar dana untuk memberdayakan 3.309 UMKM di Kabupaten Muara Enim.

“BPR Gerbang Serasan merupakan perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang bertujuan untuk memberikan pembiayaan bagi pembangunan di Kabupaten Muara Enim. Prioritas utamanya adalah membantu pelaku usaha mikro,kecil, dan menengah (UKM) yang ada di Muara Enim agar berkembang,” ujar Muzakir.

Sementara itu, Kepala Kantor OJK Regional 7 Sumsel, Panca Hadi Suryanto, mengatakan, OJK mengapresiasi inisiasi Pemkab Muara Enim yang mendirikan BPR Gerbang Serasan.

“Kita semua berharap BPR dapat beroperasi dengan baik dan berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Muara Enim,” kata Panca.

Menurut Panca, perkembangan BPR di wilayah Sumsel memperlihatkan pertumbuhan yang cukup baik.

“Setahun terakhir, aset BPR yang ada di Sumsel meningkat dari Rp1,7 trliun menjadi Rp1,9 triliun. Sementara dana yang terhimpun naik dari Rp1,2 triliun menjadi Rp1,4 triliun,” urainya.

Namun kata dia, pengawasan dan pemeriksaaan masih menjadi kendala yang dihadapi BPR.  Penyaluran kredit yang belum sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan belum maksimalnya monitoring pasca pencairan kredit masih menjadi kendala juga, kata dia.

“Kita semua berharap BPR Gerbang Serasan dapat dijalankan oleh managemen yang kompeten dan berintegrtas. Kepengurusan di BPR tidak boleh rangkap jabatan dan tidak nepotisme,” harap dia.

Peresmian kantor BPR Gerbang Serasan ini ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati di  depan pintu masuk oleh Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Shinta Paramita Sari , dilanjutkan dengan peninjauan keseluruh ruangan.