Menkumham Beri Penghargaan Muara Enim Kabupaten Peduli HAM

Kabupaten Muara Enim kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini, Muara Enim mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) karena dinilai peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman saat menerima penghargaan dari Menkumham Yasonna Laoly di Surabaya, Kamis (08/12/2016).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna  Laoly memberi penghargaan kepada Kabupaten Muara Enim, sebagai kabupaten yang  peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan ini langsung di serahkan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, kepada Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, saat perayaan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-68 Tahun di Surabaya, Kamis (08/12/2016).

Dalam acara tersebut Menkumham Yasonna Laoly juga meluncurkan Sistem Pelayanan Komunikasi Masyarakat Hak Asasi Manusia (SIMAS HAM).

Selain Muara Enim, Kementerian Hukum dan HAM juga memberikan apresiasi penghargaan Peduli HAM tahun 2016 kepada 9 Provinsi, 227 Kabupaten/Kota se-Indonesia serta 9 Kakanwil Hukum dan HAM.

ARTIKEL LAINNYA:

Menkumham Yasonna Laoly mengapresiasi pemerintah kabupaten/kota yang menerima penghargaan tahun ini. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap pemerintah kabupaten/kota semakin memantapkan implementasi rencana aksi nasional hak asasi manusia.

Yasoanna mengatakan, Kemenkumham sebagai perangkat pemerintah yang bertugas dalam memantapkan dan memastikan terlaksananya Penghormatan, Pemenuhan, Perlindungan, Penegakan dan Pemajuan Hak Asasi Manusia (P5HAM) di Indonesia.

Dia berpesan agar pemerintah dapat menjamin hak-hak politik, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat. Pemerintah pun harus dapat memberikan layanan pendidikan, layanan kesehatan dan memberikan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Sementara itu, Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman mengatakan, penghargaan yang diterima Pemkab Muara Enim ini tidak lepas dari peran serta seluruh stakeholder dan masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

“Tentu ini semua berkat dukungan  semua masyarakat di Kabupaten Muara Enim, sehingga Muara Enim bisa menerima penghargaan dari Kemenkumham ini,” tuturnya.

Nurul berharap, dengan penghargaan yang diraih akan menjadi semangat bagi Pemkab Muara Enim untuk lebih bekerja lebih baik lagi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Muara Enim.