3 Rumah Sakit Pratama di Muara Enim Segera Beroperasi 2017

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, meletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pratama tipe D di Semende Darat Laut, Senin (30/05/2016)

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, saat meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D di Kecamatan Semende Darat Laut, Mei 2016 lalu.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim memastikan tiga Rumah Sakit (RS) Pratama tipe D akan dioperasikan 2017 ini. Ketiga RS tersebut berada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Semende, Kecamatan Gelumbang dan Kecamatan Lubai Ulu.

BERITA LAINNYA:

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Yan Riyadi, Jumat, terkait dengan pengoperasian rumah sakit yang telah selesai dibangun tahun lalu.

Ia menjelaskan, kepastian pengoperasian masih menunggu alat-alat kesehatan yang masih terkendala masalah teknis dan penyiapan tenaga medis.

Dikatakan dia  RS Pratama sangat membantu masyarakat di wilayah pedalaman dan perbatasan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebelum dibawa ke RSUD HM Rabain di Muara Enim.

Sementara,  Sukran (57) warga Desa Gunung Agung mengatakan dengan adanya RS Pratama tipe D di desanya sangat membantu pelayanan kesehatan warga. Kata dia, jarak tempuh yang cukup jauh dari kecamatan Semende ke kota Muara Enim membutuhkan waktu hingga 2 jam melalui perjalanan dengan mobil, sehingga menyulitkan mereka untuk berobat.

Tiga RS Pramata yang telah selesai dibangun di tiga kecamatan tersebut dilengkapi ruang rawat inap dengan kapasitas 30-50 tempat tidur, ruang UDG, ruang kantor administrasi, perumahan bagi tenaga kesehatan dan dokter.

Untuk tenaga kesehatan terdiri 2-5 minimal dokter spesialis penyakit dalam dan bedah, dokter umum 4-6 orang, serta tenaga medis pendukung.

Pendirian RS Pratama ini merupakan salah satu perwujudan visi Kabupaten Muara Enim SMAS (sehat, mandiri, agamis, sejahtera).