Tunggakan Jamsoskes Pemprov Sumsel di RSUD HM Rabain Mencapai Rp 16,8 Milyar

(Foto: Ilustrasi)

(Foto: Ilustrasi)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Tunggakan klaim Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Sumsel Semesta Provinsi Sumsel di RSUD HM Rabain Muara Enim mencapai  Rp 16,8 miliar. Sampai saat ini tunggakan tersebut belum ada kepastian pelunasan.

“Total hutang Jamsoskes tersebut mencapi 24 miliar rupiah, yang terdiri dari hutang Pemkab Muara Enim sekitar Rp 8 miliar dan hutang Pemporv Sumsel sebesar Rp16 miliar. Pemkab Muara Enim sendiri sudah menganggarkan di APBD 2017 sebesar Rp 9 miliar untuk membayar utang Jamsoskes tersebut,” terang Sekretaris Daerah Muara Enim, Hasanuddin.

BERITA LAINYA:

Menurut Hasan, permasalahan tersebut telah dia sampaikan pada rapat forum Sekda se-Sumsel untuk dilakukan pengkajian ulang program Jamsoskes, sehingga ke depa tidak menjadi persoalan terus di kabupaten dan kota di Sumsel.

“Pemerintah daerah bukannya tidak mendukung program ini, namun Pemprov diharapkan konsisten membayar tunggakan agar tidak menganggu kinerja dan pelayanan kesehatan di daerah,” ujar Hasanuddin.

Program Jamsoskes merupakan program berobat gratis Pemprov Sumsel dengan pembayaran 30 persen ditanggung pemerintah daerah  dan 70 persen lagi ditanggung oleh Pemprov Sumsel.