Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Dongeng

Salah seorang peserta lomba dongeng saat tampil di atas pentas. Lomba dongeng yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim diikuti ratusan pelajar tingkat SD se Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar se Kabupaten Muara Enim mengikuti lomba mendongeng dan berpidato yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim, Rabu (29/03/2017), di  Hotel Griya Serasan Muara Enim.

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui Lomba Pidato dan Mendongeng Tingkat SD, SMP, dan SMA Sederajat KitaTingkatkan Minat dan Budaya Baca Agar Terciptanya Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahterah (SMAS)”  ini digelar mulai 29 -31 Maret 2017.

Sebanyak 50 peserta tingkat SD, 50 peserta tingkat SMP, dan 50 peserta tingkat SMA mengikuti lomba yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman.

BERITA LAINNYA:

Wakil Bupati Nurul Aman ketika membuka acara tersebut mengatakan, mendongeng dan pidato merupakan salah satu cara untuk meningkatkan minat dan budaya baca di kalangan generasi muda terutama para pelajar di Kabupaten Muara Enim.

“Agar Bangsa Indonesia tidak tertinggal dalam kecerdasan dan intelektual, maka dari pada itu penyelenggaraan pendidikan harus memenuhi beberapa prinsip yang diantaranya pembudayaan dan pemberdayaan serta pengembangan minat baca generasi muda Muara Enim agar apa yang diinginkan Muara Enim SMAS dapat terlaksana,” ujar Nurul.

Menurut Nurul, gemar membaca harus dimulai sejak dini. Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut dia, harus didukung oleh sarana dan prasarana seperti perpustakaan yang memadai baik dari segi sarana prasarana maupun sumber daya manusia yang menjalankan manajerial perpustakaan tersebut.

Sementara itu, salah satu peserta Farida Annissa yang berasal dari SD IT Rabani Lawang Kidul mengaku dirinya sempat merasa gugup dan grogi untuk tampil dalam lomba mendongeng tersebut.

“Grogi tadi kak, liat peserta lain bagus semua penampilannya. Tapi itu motivasi juga buat saya supaya bisa tampil lebih baik lagi,” ujarnya.