Antisipasi Munculnya Karhutla, Damkar Muara Enim Siaga 24 Jam

Kebakaran Hutan di Sumsel (Foto: Antara)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Muara Enim terus bersiaga penuh. Tidak hanya mempersiapkan semua peralatan, regu pemadam juga siaga 24 jam.

Kepala DPKP Kabupaten Muara Enim Yulius melalui Kasi Penindakan dan Operasi Abu Bakar, Jumat (28/4/2017) mengatakan, langkah yang diambil damkar ini untuk mengantisipasi munculnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau.

“Saat ini personil kita selalu siaga 1×24 jam jika nanti terjadi kebakaran, baik itu karhutla, pemukiman rumah penduduk maupun kebakaran lainnya, personil kita selalu siap. Sedangkan peralatan, kita telah menyiagakan mobil damkar sebanyak tiga unit, mobil suplai dua unit dan satu mobil Hiline,” terang Abu Bakar.


Baca Juga:


Selain itu, sesuai dengan maklumat Kapolda Sumsel, pihaknya juga telah melayangkan surat himbauan antisipasi karhutla kepada semua camat dan kepala desa di Kabupaten Muara Enim.

Sementara untuk mengantisipasi kecamatan yang jaraknya jauh, Bakar mengatakan, pihaknya juga menyiagakan tiga unit mobil damkar untuk tiga kecamatan, yakni Kecamatan Semende Darat Tengah, Lubai dan Gelumbang.

“Di masing-masing kecamatan tersebut juga telah disiapkan 10 orang personil,” lanjutnya.

Selain itu, damkar juga menggandeng Polres Muara Enim, Kodim 0404, Sat Pol PP dan perusahaan yang ada di wilayah kabupaten Muara Enim dalam mengantisipasi karhutla.

Untuk menghindari terjadi kebakaran, dirinya mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam menggunakan api, terutama saat membuang puntung rokok yang masih menyalah. Dia juga mengimbau masyarakat dan perusahaan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Masyarakat kita himbau agar berhati-hati menggunakan api, api selagi kecil itu teman, namun setelah besar menjadi musuh kita,” ujarnya.

Apabila terjadi kebakaran, tambah dia, secepat mungkin menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim di nomor telepon 0734-421-029.