Bupati Muara Enim Terima Kunjungan Peserta Sakura Science High School Program

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar berfoto bersama Ahmad Bara Wirayudha, peserta  (SSHP) program Kementerian Pendidikan pada Direktorat SMK Pusat. (Foto: Humas Pemkab Muara Enim).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menerima kunjungan Ahmad Bara Wirayudha, siswa kelas 10, SMK Negeri 2 Muara Enim, peserta Sakura Science High School Program (SSHP) program Kementerian Pendidikan pada Direktorat SMK Pusat, Rabu (5/4/2017).

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Bupati Muara Enim tersebut, Muzakir mengingatkan Ahmad agar terus menjaga nama baik Kabupaten Muara Enim dan Indonesia.

BERITA LAINNYA:

“Jaga nama baik Kabupaten Muara Enim khususnya dan nama baik Indonesia pada umumnya selama belajar di Jepang, kenalkan budaya khas Kabupaten Muara Enim selama di Jepang, sehingga orang luar kenal dengan ragam budaya Muara Enim,” pinta Muzakir.

Lebih lanjut, Muzakir mengatakan banyak budaya Muara Enim yang bisa menjadi daya tarik kunjungan wisata, seperti makanan, tambang, hingga air terjun.

“Saya ucapkan selamat atas keberhasilan Ahmad Bara Wirayudha, semoga apa yang didapat selama belajar di Jepang dapat bermanfaat bagi Kabupaten Muara Enim,” harap Muzakir.

Muzakir berjanji akan memberikan uang saku kepada Ahmad Bara Wirayudha untuk keperluan selama di Jepang dan souvenir sebagai bekal mempromosikan Kabupaten Muara Enim.

Ahmad Bara Wirayudha, anak pasangan Muhamad Badrun dan Miranda Savitri, berhasil diterima dalam program SSHP setelah menyisihkan 199 peserta lainnya. Pada seleksi  tingkat nasional, dia berhasil masuk dalam peringkat 20 besar.

Ahmad Bara Wirayudha bersama 19 peserta lainnya dari seluruh Indonesia akan belajar selama  satu minggu di Jepang. Mereka akan mengunjungi beberapa universitas dan sekolah serta ke tempat penelitian dan sains dengan didampingi para ilmuan terkenal Jepang.

SSHP adalah program pertukaran pelajar di kawasan Asia di bidang sains dan teknologi yang disponsori secara penuh oleh Japan Science and Technology Agency (JST).

Program ini bertujuan untuk mendukung kemajuan ilmu dan teknologi di kawasan Asia, dan juga memperkenalkan perkembangan ilmu sains dan teknologi di negara Jepang kepada negara-negara lainnya di Asia.