Muara Enim Terima Anugerah Pangripta Nusantara

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar bersama Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih dan Kepala Bappeda Muara Enim Abdul Nadjib, disela-sela acara penyerahan APN 2017 di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

PALUGADANEWS.COM, JAKARTA — Kabupaten Muara Enim kembali meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) tahun 2017 kategori Kabupaten dengan inovasi terbaik dalam perencanaan pembangunan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan/Bappenas.

Penghargaan APN tahun 2017 diserahkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro kepada Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, disaksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional di Menara Bidakara Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diterima Kabupaten Muara Enim, sebelumnya 2015 menerima penghargaan yang sama sebagai Kabupaten dengan perencanana pembangunan terbaik ke-3 se-Indonesia.

Penghargaan APN 2017 diberikan kepada pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota yang berprestasi dalam perencanaan pembangunan daerah.


Baca Juga:


Tujuannya adalah untuk mendorong setiap daerah (Prov/Kab/Kota) untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan (RKPD) secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan, serta menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

“Setiap daerah pasti memiliki isu, karakteristik serta kapasitas yang berbeda dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan. Maka, salah satu langkah untuk meningkatkan mutu rencana pembangunan adalah dengan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang telah berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan yang handal melalui proses partisipatif,” ujar Imron Bulkin, Sekretaris Utama Bappenas, seperti dilansir dari laman bappenas.go.id.

Adapun kategori penilaian dalam APN 2017 antara lain yaitu Pangripta Nusantara Perencanaan Terbaik Provinsi, Pangripta Nusantara Perencanaan Peningkatan Terbesar Provinsi, Pangripta Nusantara Perencanaan Terbaik Kabupaten.

Kemudian Pangripta Nusantara Perencanaan Terbaik Kota, Pangripta Nusantara Inovasi Terbaik Provinsi, Pangripta Nusantara Inovasi Terbaik Kabupaten dan Kota.