Peringati Hari Kartini, GOW Muara Enim Beri Penghargaan Perempuan Inspiratif

GOW Muara Enim memberikan penghargaan kepada tiga perempuan yang inspiratif di Kabupaten Muara Enim pada peringatan Hari Kartini, Jumat (21/4/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Muara Enim memberikan penghargaan kepada tiga perempuan inspiratif pada momen peringatan Hari Kartini ke-138.

Pemberiaan penghargaan diberlangsung di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Jumat (21/4/2017), diserahkan langsung oleh Bupati Muara Enim diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Ibrahim Ilyas serta Ketua TP PKK Muara Enim Shinta Paramita Sari.

“Dengan semangat Kartini, kita optimalkan peranan perempuan di Bumi Serasan Sekundang, semoga penghargaan untuk tiga perempuan inspiratif ini dapat menambah inspirasi bagi Kartini-Kartini lainnya,” ujar Ibrahim Ilyas.

Ibrahim menambahkan, Kartini masa kini wajib memiliki kepiawaian dan kecerdasan dalam menuangkan ide dan gagasan pada dunianya masing-masing.

“Kaum perempuan terus didorong menjadi pelopor bagi kemajuan pendidikan, kesenian, kerajinan, ekonomi dan lingkungan hidup serta memiliki semangat RA Kartini yang telah membuka jendela kesetaraan,” paparnya.


Baca Juga:


Ibrahim berharap akan muncul Kartini baru untuk kemajuan Indonesia umumnya, dan terkhusus Kabupaten Muara Enim.

“Semoga dengan peringatan Hari Kartini ini akan muncul generasi Kartini baru untuk terus berjuang, baik sebagai seorang pejuang hak perempuan dan sebagai pondasi dalam kemajuan bangsa di segala aspek,” ujar Ibrahim.

Sementara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Muara Enim, Maria Nurul Aman mengatakan peringatan Kartini menjadi momentum membangkitkan semangat kaum perempuan untuk turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan khususnya di wilayah Muara Enim.

“Melalui peringatan Hari Kartini, kaum perempuan harus terus meningkatkan peranannya menjadi motor penggerak kesetaraan gender menuju Muara Enim SMAS. Selain turut memperkuat daya cipta dan kreativitas perempuan kekinian,” ujar Maria.

Adapun para tokoh dan kader yang mendapatkan penghargaan adalah Dwi Windarti atas dedikasinya mewakili kaum perempuan di bidang politik. Dwi merupakan perempuan pertama di Muara Enim yang menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muara Enim.

Kemudian penghargaan juga diberikan kepada Yusnawati, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Kabupaten Muara Enim atas kinerjanya di bidang pengembangan minat baca.

Selain Dwi dan Yunsawati, penghargaan diberikan juga kepada Rita Kamalia, Direktur Akademi Kebidanan (Akbid) Muara Enim atas prestasinya di bidang dunia pendidikan.