Pertama Kali, 4 PKBM Paket C di Muara Enim Gelar UNBK

Sebanyak 4 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Paket C di Kabupaten Muara Enim menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM —  Sebanyak 16  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan kegiatan belajar Paket C (setara SLTA) di Kabupaten Muara Enim menggelar Ujian Nasional (UN) 2017.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sebanyak 4 PKBM mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 12 PKBM lainnya masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

BERITA LAINNYA:

“Warga belajar telah siap dan sudah dapat sinkronisasi. Simulasi telah dilakukan sebanyak dua kali untuk PKBM yang melaksanakan UNBK tersebut. Hasilnya  ke empat PKBM menyatakan siap 100% melaksanakan UNBK,” Kata Kepala Bidang Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Luar Sekolah Muara Enim, Sri Hidayati, kepada Palugadanews.com, Selasa, (05/04/2017).

Dengan adanya UNBK ini, lanjut SRI, kita berharap agar warga belajar dapat melek akan IT dan ICT sehingga mereka yang selesai dari Paket A,B, dan C tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Selanjutnya, kata dia, melalui UNBK ini akan meningkatkan kejujuran dalam pelaksanaan UN, sehingga tidak akan muncul kecurangaan pada saat pelaksanaannya, apa lagi sekarang ini nilai UN tidak menentukan kelulusan siswa.

Sri mengatakan, jumlah peserta UNBK Paket C se-Sumsel adalah 1.003 peserta, sebanyak  483 peserta tersebar di PKBM yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Dari 1003 peserta UNBK se-Sumatera Selatan terdapat 483 peserta itu berasal dari PKBM yang ada di Kabupaten Muara Enim. Alhamdulillah kita bersyukur 4 PKBM yang ada di Muara Enim diberi kepercayaan untuk melaksanakan UNBK, walaupun itu belum dapat dilakukan secara mandiri dengan menumpang sekolah formal yang ada di sekitarnya,” tambah Sri.

Sementara itu, Ketua PKBM Kelekar Serasan, Sumar Kendi, menyatakan mereka telah siap melaksanakan UNBK dan warga belajar pun antusias dalam menghadapi UNBK.  Di PKBM Kelekar Serasan, lanjut dia, terdapat 25 peserta UNBK dan semuanya telah mengikuti simulasi sebanyak 2 kali.