Muzakir: Jangan Masukan Bahan Berbahaya ke Dalam Makanan

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengunjungi salah satu stand Pasar Ramadhan di Terminal Pasar Muara Enim, Sabtu (27/05/201).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengingatkan para pedagang agar jangan sampai mencampurkan bahan-bahan berbahaya ataupun zat kimia ke dalam makanan sehingga dapat mengganggu kesehatan konsumen.

Hal tersebut disampaikan oleh Muzakir saat membuka Pasar Ramadhan yang digelar Dinas Perindustriaan dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Muara Enim, Sabtu (27/05/201) di Terminal Pasar Muara Enim.


Baca Juga:


“Kepada para pedagang, saya tegaskan jangan menggunakan bahan pengawet seperti borak, rodamin, formalin, methanyl yellow dan bahan – bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh ke dalam makanan dan takjil yang dijual. Karena membahayakan yang mengkonsumsi,” tegas Muzakir.

Untuk itu, Muzakir meminta Dinas Kesehatan dan BPOM sewaktu-waktu melakukan sidak untuk mengecek makanan yang dijual di Pasar Ramadhan.

“Walaupun saya yakin yang berdagang disini tidak ada yang melakukan hal tersebut,” ujarnya. Muzakir juga meminta kepada para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan pasar Ramadhan.

Sementara itu, Kadisperindag Muara Enim Syarpuddin, mengatakan, pasar Ramadhan dilaksanakan mulai tanggal 27 Mei hingga H-2 menjelang Idul Fitri. Sebanyak 70 stan disediakan bagi para pedagang untuk menjajakan berbagai penganan berbuka puasa.

Hadir dalam pembukaan pasar Ramadhan tersebut Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan, Ketua Tim Penggerak PKK Muara Enim Shinta Paramitha Sari, Sekda Muara Enim Hassanudin, dan Kepala SKPD di lingkup Pemkab Muara Enim.