Muzakir: Media Arus Utama Harus Luruskan Berita Hoax

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menyampaikan sambutannya pada acara dialog dengan wartawan se-Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Sintesa, Jumat (12/5/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar meminta media yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk  meluruskan segala bentuk pemberitaan yang dianggap keliru atau hoax, agar tidak terjadi perpecahan di masyarakat.

“Fenomena saat ini di masyarakat melalui media sosial digunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita-berita hoax. Berita yang membuat kegaduhan di masyarakat, berisi caci maki dan fitnah, dusta, memecah-belah masyarakat, dan bahkan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Muzakir pada acara dialog dengan wartawan se-Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Sintesa, Jumat (12/5/2017).


Berita Lain:


Dialog tersebut dihadiri ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo, Kabag Humas Protokol Pemkab Muara Enim Rinaldo, Kadis PU Bina Marga Ahmad Yani Herianto, dan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Ramlan Suryadi.

Menurut Muzakir, untuk menghambat penyebaran berita bohong tersebut, maka peran  rekan-rekan pers untuk meluruskan segala bentuk pemberitaan yang dianggap keliru, menjernihkan informasi yang terjadi di media sosial.

“Jangan ikut dalam kegaduhan dengan mengambil isu-isu yang belum tentu kebenarannya sebagai sumber berita,” ujar Muzakir.

Muzakir meminta, para jurnalis terus menjunjung tinggi etika jurnalistik, yang menuntut faktualitas, yang menuntut obyektivitas, yang menuntut disiplin dalam melakukan verifikasi terhadap satu berita.

” Kualitas informasi inilah yang merupakan tuntutan moral penyajian media,” tukas Muzakir. Pemkab Muara Enim, lanjut dia, berkomitmen mendukung peningkatan sumber daya dan kompetensi wartawan di lingkup Kabupaten Muara Enim.

“Bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Muara Enim, Pemerintah Kabupaten Muara Enim memfasilitasi rekan-rekan pers yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan,” tambah dia.

Muzakir juga mengapresiasi langkah Dewan Pers yang melakukan verifikasi terhadap media, cetak maupun elektronik, untuk menjamin profesionalitas dan juga memberikan perlindungan kepada insan pers. Melalui verifikasi tersebut, akan dihasilkan media yang bisa dipercaya oleh masyarakat dalam pemberitaan sebagai rujukan sumber informasi.

“Pers adalah bagaikan mata, telinga dan mulutnya pemerintah, untuk itu kerjasama yang baik antara pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan media pers harus terus terjalin, agar segala bentuk informasi pembangunan dan hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam upaya mensejahterakan masyarakat dapat tersampaikan kepada masyarakat,” tutup Muzakir.