Pemkab Muara Enim Kembali Raih Opini WTP untuk Keempat Kalinya

Bupati Muara Enim saat menerima penghargaan opini WTP yang diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumsel Maman Abdulrachman di kantor BPK Perwakilan Sumsel, Jalan  Demang Lebar Daun, Palembang, Rabu (31/5/2017).

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Pemerintah Kabupaten Muara Enim (Pemkab Muara Enim) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016.

Pemkab Muara Enim telah meraih opini WTP empat kali berturut-turut sejak tahun anggaran 2013 hingga tahun 2016.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumsel Maman Abdulrachman kepada Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada kabupaten lainnya di kantor BPK Perwakilan Sumsel, Jalan  Demang Lebar Daun, Palembang, Rabu (31/5/2017).


Berita Lainnya:


Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar merasa bersyukur atas pencapaian ini. Muzakir mengaku bangga atas kinerja jajarannya yang telah berupaya keras agar memenuhi kualitas opini WTP.

“Syukur Alhamdulillah sejak tahun anggaran 2013 hingga 2016 ini, Kabupaten Muara Enim terus meraih WTP. Mudah-mudahan hasil terbaik ini terus dipertahankan,” ujarnya, Rabu (31/5/2017).

Menurut Muzakir, prestasi terbaik yang diperoleh saat ini dan tahun-tahun sebelumnya merupakan kerja keras semua pihak, baik pejabat dan staf seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kabupaten Muara Enim.

Serta dukungan dan dorongan dari pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, sehingga prestasi tersebut masih dapat dipertahankan.

Namun, Muzakir menyadari tantangan ke depan tidaklah mudah, karena dari beberapa catatan BPK masih ada beberapa proses administrasi yang masih harus disempurnakan termasuk dalam penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akurasi.

“Perolehan WTP ini bukanlah berarti kita harus berpuas diri. Tapi harus kita sadari bahwa penyempurnaan-penyempurnaan haruslah kita ke depankan, khususunya dalam penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah terutama pengaawasan dan kontrol berlapis disetiap jenjang kegiatan seluruh OPD, baik dalam pengelolaan aset daerah terutama sekali dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Muzakir.

Muzakir mengatakan, Ia mengucapkan terima kasih, dan penghargaan yang setinggi- tingginya pada jajaran BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, yang telah melaksanakan tugasnya dengan tepat waktu. Sehingga, Pemkab Muara Enim memperoleh WTP dengan pernyataan Opini Tingkat kewajaran di dalam LKPD.

Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih  kepada pimpinan dan anggota DPRD Muara Enim, penjabat dan staf organisasi perangkat daerah, serta kepada pejabat dan staf badan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang telah bekerja dengan baik dan bersungguh-sungguh sehingga predikat pengelolaan keuangan terbaik dengan ditandai Opini WTP ini masih dapat di pertahankan.