Peringatan Hardiknas, Muzakir Bacakan Sambutan Mendikbud

Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Muara Enim, Senin (8/5/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar memimpin peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kantor Pemerintah Daerah Muara Enim, Senin (8/5/2017).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Muzakir membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, di depan peserta upacara Hardiknas dengan Tema yakni, Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas.

“Tema tersebut terkait erat dengan fenomena perkembangan dunia yang berubah dengan sangat cepat, dan menuntut kualitas yang semakin tinggi, untuk itu marilah kita resapi dan renungi tema tersebut, kemudian kita wujudkan bersama-sama. Dengan begitu seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas, “ ujarnya.


Berita Lain:


Pada setiap peringatan Hardiknas ini, lanjut dia, kita tak pernah akan lupa dengan sosok Ki Hadjar Dewantara yang merupakan bapak pendidikan nasional Republik Indonesia.

“Dialah yang menjadi tokoh penting dalam dunia pendidikan. Konsep Laku Telu atau tiga peran yang dirumuskan dalam frasa bahasa jawa ing ngaso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani yang artinya apabila di depan memberi teladan, apabila di tengah memberi ilham dan apabila di belakang memberi dorongan,” lanjut dia.

Muzakir mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan selalu melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial agar kualitas pendidikan nasional dapat meningkat mengingat saat ini dalam tataran konseptual sekarang sedang diupayakan agar pendidikan karakter bangsa dapat segera dikembali menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional.

“Berbagai program dan kegiatan serta sumber daya yang menggerakan dunia pendidikan selalu diupayakan untuk ditingkatkan serta dari segi finansial maupun non finansial di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dinas pendidikan di berbagai daerah hendaknya dapat memfokuskan pada gerakan reformasi pendidikan,” ucapnya.

Selain dari itu, Mendiknas juga mengajak bersama-sama melalukan reformasi pendidikan nasional  dengan keras dan kontruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan.

Setelah upacara, Pemkab Muara Enim menyerahkan penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi di Kabupaten Muara Enim serta pertunjukan marching band dari SDN 18 Muara Enim dan SMKN 1 Muara Enim.

Hadir dalam upacara ini Kapolres Muara Enim AKBP Leo Hendra Gunawan, Dandim 0404 Letkol Teady, dan Ketua Tim Penggerak PKK Muara Enim Shinta Paramitha Sari.