PTBA dan ITB Kerja Sama Riset dan Pengembangan Energi

PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM —   PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) kerja sama riset dan pengembangan di bidang energi dan industri.

Penandatanganan tersebut dilakukan Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin dan Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA di Gedung Rektorat ITB Bandung, Selasa (23/05/2017).


Berita Lainnya:


Sekretaris Perusahaan Adib Ubaidillah melalui keterangan tertulisnya menyampaikan visi PTBA menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. Perusahaan mendukung kajian pengolahan batubara menjadi beberapa produk derivatifnya,

Maka dari pada itu PTBA merasa perlu untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan kalangan perguruan tinggi seperti ITB.

“Bentuk kerjasama antara PTBA dengan ITB antara lain riset gasifikasi batubara dan riset gasifikasi biomassa untuk menghasilkan sintesis gas CO dan H2 yang bergungsi untuk memproduksi metanol dan produk turunan batubara, diantaranya Dimethyl Ether (DME), LPG, Olefelin, Amoniak, dan Urea,” jelas Adib Ubaidillah.

Dikatakannya, selain melaksanakan kerjasama pada bidang riset gasifikasi batubara kalori rendah dan gasifikasi biomassa, kerjasama ini meliputi riset pembuatan karbon komposit dari bahan biomassa, riset pembuatan fuel cell, riset pembuatan solar cell dan kerja sama dalam bidang pendidikan.

Melalui kerja sama ini, PTBA berharap ITB mampu memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pemanfaatan batubara untuk menghasilkan berbagai produk derivarifnya.