Bupati Hingga Kades diminta Turun Padamkan Api

Kebakaran Hutan di Sumsel (Foto: Antara)

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG  — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menginstruksikan seluruh Kepala Desa, Lurah dan Camat se-Kabupaten Ogan Ilir, selalu berada di wilayah masing-masing untuk menjaga jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah).

Hal ini disampaikan Alex Noerdin saat melantik Bupati Ogan Ilir OI), Ilyas Panji Alam, melanjutkan sisa masa jabatan 2016-2021 di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel, Senin (7/8/2017).


Berita Lain:


Menurut Alex, sejak hari Sabtu 5 Agustus pukul 16:00 WIB telah terjadi kebakaran besar di Desa Arisan Jaya dan Desa Ulak Petangisan, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir.

Sebanyak 6 titik api di wilayah tersebut, hingga dilakukan ratusan kali waterbombing. Pada6 Agustus terdapat 17 titik api dengan 215 kali waterbombing.

“Hari ini titik api menjadi 34 Hotspot. Saya minta seluruh Kepala Desa, Lurah dan Camat, turun langsung kelapangan memadamkan api dan mencegah agar tidak meluas. Termasuk Bupati, saya minta turun ke lapangan mengawal pemadaman api dan mengaktifkan seluruh Manggala Agni yang kita bentuk di setiap wilayah,” pinta Alex.

Khusus Kepada Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, Alex meminta agar terus melakukan pengawalan pemadaman api dengan turun langsung ke lapangan. Menurutnya, permaslahan Karhutlah harus dicegah dengan melakukan penindakan tegas agar jangan sampai terulang kembali Karhutlah seperti di tahun 2015 lalu.

“Pak bupati setelah pelantikan ini segera turun ke lapangan menyelesaikan permasalahan ini, permasalahan kebakaran itu tidak main-main. Saya berpesan juga kepada tiga Bupati lainnya selain Ogan Ilir yakni Muba, Banyuasin, OKI dan Muara Enim, jangan sampai terjadi Karhutlah,” tegas Alex.