Kodim 0404 dan PT KAI Rehab Rumah Janda Veteran tidak Layak Huni

Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Infantri Teadi Aulia, Rabu (16/8), menyerahkan secara simbolis rumah milik janda veteran Suhiba yang telah selesai direnovasi oleh Kodim 0404  bekerjasama dengan PT. KAI.

PALUGADANEWS. COM, MUARA ENIM —  Kodim 0404 Muara Enim bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) melakukan program rehab atau renovasi terhadap rumah janda veteran tidak layak huni yang berada di Kabupaten Muara Enim.

Rumah yang telah selesai direnovasi tersebut milik Suhiba (65) seorang janda veteran di Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, diserahkan langsung secara simbolis oleh Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Infantri Teadi Aulia, Rabu (16/8) kemarin, dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim dan Kasat Babinkamtibmas Polres Muara Enim.


Berita Lain:


“Program bedah rumah ini bekerjasama dengan BUMN PT KAI, ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap para pejuang, khususnya veteran dalam memaknai HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini,” kata Teadi.

Dia mengatakan melalui bantuan CSR PT. KAI, pihaknya  dalam bulan Agustus menyelesaikan bedah rumah sebanyak 3 unit milik pejuang veteran di Muara Enim.

“Program serupa juga kita diberikan bagi dua veteran lagi di Kecamatan Ujan Mas, serta satunya di Kecamatan Lawang Kidul,” ujarnya

Dia menambahkan, program bedah rumah juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kecil terhadap kesejahteraan para pejuang dan keluarga yang ditinggalkan. Karena itu,program ini dilakukan secara bertahap disetiap koramil  di wilayah Muara Enim.

“Tentunya  akan terus dilakukan pendataan veteran ataupun masyarakat yang kurang mampu dan layak untuk dapat dibantu melalui Koramil disetiap daerah,” tuturnya.

Selain berasal bantuan CSR, lanjut dia, program ini juga berasal dari bantuan zakat prajurit yang disisihkan setiap bulannya.

“Adapun total bantuan bedah rumah dianggarkan sedikinya Rp20 sampai Rp25 juta perunit rumah, kami menargetkan setiap bulan 1 rumah yang dibedah, mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan tentunya ini memerlukan bantuan CSR yang lebih besar lagi,” ungkapnya.

Sementara Sohiba (65) mengucapkan terima kasih terhadap program bedah rumah yang digulirkan Kodim 0404 bersama PT KAI. Dia mengaku sangat senang kini rumah sudah layak ditinggali bersama lima cucunya.

“Sebelumnya rumah kami bermaterial kayu dan sudah miring, kami tidak punya biaya renovasi karena anak cucu cuma kerja sebagai buruh tani,” ujarnya.