Bupati Muzakir Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menyerahkan piagam seusai peringatan ke-53 HKN di halaman RSUD dr HM Rabain, Senin (13/11/2017) kemarin.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengajak masyarakat agar berperilaku hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat, buang sampah pada tempatnya, menggunakan air bersih, tidak merokok dan membuang limbah sesuai aturan.

Hal tersebut diungkap saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, Senin, (13/11/2017) di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr HM Rabain, Muara Enim.


Berita Terkait:


“Peringatan HKN yang digelar setiap tahun bertujuan untuk mengingatkan kembali agar kita terus menjaga hidup sehat. Marilah berprilaku sehat sehingga tercipta masyarakat produktif dan berperan aktif dalam pembangunan,” ajak Bupati.

Muzakir juga mengajak untuk membudayakan makan buah dan sayur setiap hari, membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air bersih, tidak merokok dan membuang limbah sesuai aturan.

Selain itu, Bupati juga mengajak masyarakat aktif berolah raga minimal 30 menit setiap hari, serta melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di setiap bulan.

“Upaya-upaya tersebut merupakan wujud dari program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),” ucap Bupati.

Muzakir juga berpesan kepada masyarakat agar melakukan tindakan preventif sebagai langkah awal terhindar penyakit.

Menurutnya, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan dan kualitas pelayanan kesehatan juga dipengaruhi pola prilaku keluarga.

“Karena prilaku keluarga memiliki dampak yang besar, keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan dikeluarga dapat menjamin budaya kehidupan sehat di masa mendatang,” ujarnya.

Semantara itu, Direktur RSUD dr HM Rabain, dr Suwandi, mengatakan dalam memeriahkan peringatan HKN ke-53 digelar banyak kegiatan. Selain bakti sosial, turut pula digelar lomba senam jantung sehat, serta pemilihan pegawai berprestasi.

“Kemudian ada juga gathering dan sosialisasi dengan para pasien hemodialisa, pelatihan kader ASI, anjangsana dan penyuluhan gerakan hidup sehat,” terang Suwandi.

Melalui serangkaian kegiatan itu, lanjut dia, pihaknya ingin peringatan HKN tahun ini lebih dikenal dan berdampak positif kepada masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

“Kita jadikan HKN sebagai momentum merefleksi sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan, baik ditingkat promotif, preventif, kuratif dan rehalibitatif,” pungkasnya.