Bupati Muzakir: Wartawan Harus Kompeten dan Profesional

Dialog Bupati Muara Enim bersama media dan wartawan di Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menyampaikan, kompetensi merupakan hal yang harus dimiliki wartawan, untuk menciptakan wartawan yang profesional dalam menjalankan tugasnya.

Hal tersebut disampaikan Muzakir saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuaan Wartawan Indonesia (PWI) Muara Enim bekerjasama dengan Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, 5-6 Desember 2017.

Menurut Muzakir, dalam menjalankan tugasnya seorang wartawan harus senantiasa dilandasi prinsip-prinsip hukum, demokrasi, dan penegakan hak azasi manusia.

Sehingga, lanjut dia, media masa akan menghasilkan informasi yang sesuai dengan fakta di lapangan dan menghindari berita bohong atau hoax.

Kemudian Muzakir juga mengatakan, Pemkab Muara Enim berkomitmen mendukung peningkatan sumber daya dan kompetensi wartawan di lingkup Kabupaten Muara Enim.

“Kompetensi harus dimiliki oleh seluruh wartawan yang profesional agar dapat memberikan informasi sesuai dengan fakta dan menghindari berita bohong (hoaxs) yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat,” lanjut Muzakir.

Muzakir melanjutkan, media massa memberikan peran penting dalam mendorong pembangunan di daerah.

“Tanpa hadirnya media, program dan keberhasilan pemerintah daerah tidak mungkin akan tersampaikan dan diketahui masyarakat,” lanjut dia.

Uji Kompetensi Wartawan ini diikuti 21 peserta, terdiri dari 14 peserta tingkat muda dan 7 peserta tingkat Utama.

Tim penguji terdiri dari Marasakti Siregar dari PWI Pusat, Saibansah Sarbani dari PWI Provinsi Kepulauaan Riau dan Oktaf Riyadi dari PWI Sumsel.