Kejar Target, OPD Diminta Genjot Realisasi Anggaran

Hasanuddin, Sekda Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanuddin meminta  seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Muara Enim menggenjot realisasi anggaran 2017.

Diakui Sekda, program kerja yang dijalankan seluruh OPD masih menumpuk diakhir tahun. Hal tersebut kata dia, dapat menyebabkan target dan penyerapan APBD tidak maksimal.

Menurutnya, program yang dijalankan OPD banyak yang terkonsentrasi diakhir triwulan, sehingga memungkinkan terganggunya proses penyerapan anggaran.

Padahal, lanjut dia, program kerja diakhir tahun sangat beresiko karena mesti dijalankan segera mungkin dalam waktu singkat.


Berita Lain:


“Ini menjadi evaluasi kita karena kegiatan program masih banyak menumpuk diakhir tahun, padahal ini cukup beresiko terganggunya penyerapan anggaran karena dijalankan di waktu-waktu krusial,” kata Sekda saat diwawancarai oleh sejumlah awak media, Kamis (07/12/2017) kemarin.

Sekda menghimbau agar seluruh OPD fokus dan segera mengajukan tagihan kepada rekanan sesuai dengan kegiatan fisik maupun non fisik yang telah dijalankan.

Selain itu, Sekda juga meminta OPD kembali tertib dan disiplin supaya pencairan dapat sesuai tahapan dan termin yang ditetapkan.

“Jika sesuai tahapan kan bisa tau dan segera dievaluasi, berapa anggaran total yang diserap maupun batal terserap,”ujarnya

Meski begitu, pihaknya mengaku tetap optimis target penyerapan APBD Muara Enim tahun 2017 sesuai target yakni 85 persen. Namun, Sekda tidak mengungkap berapa persen anggaran yang sudah berhasil terealisasi.

“Proses penyerapan APBD masih berjalan, kalau target kita 85 persen, tapi mudah-mudahan bisa capai 90 persen,”ungkapnya.