Polres Muara Enim Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Para Satpam

Anggota Satpam dari berbagai perusahaan dan instansi yang berada di wilayah Kecamatan Muara Enim mengikuti pelatihan keterampilan bantuan hidup dasar (basic life) di GOR Muara Enim, Kamis (14/12/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Puluhan anggota Satpam dari perusahaan dan instansi yang berada di wilayah Kecamatan Muara Enim mengikuti pelatihan keterampilan yang diselenggarakan Satuan Binmas Polres Muara Enim di Gelanggang Olahraga (GOR) Muara Enim, Kamis (14/12).

Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan satpam diberbagai bidang khususnya ilmu bantuan hidup dasar (basic life) untuk pertolongan pertama pada korban.

Pelatihan ini digelar juga dalam rangka peringatan hari jadi Satpam ke-37 yang akan diselenggarakan pada 30 Desember 2017 nanti. Pada pelatihan ini, anggota Satpam awalnya mendapat pembekalan ilmu basic life yang oleh Tim SAR PTBA K3.

“Satpam merupakan mitra polisi, sehingga kami bertanggung jawab melatih mereka supaya memiliki keterampilan diberbagai bidang selain kemampuan mengantisipasi tindak kejahatan,” kata Kasat Binmas Polres Muara Enim, AKP Malik Fahrin Husnul Afiq.

Malik menjelaskan, ilmu basic life yang diajarkan kepada para satpam berupa pertolongan pertama terhadap kecelakaan, pembidaian dengan menggunakan alat disekitar yang mudah ditemukan, pertolongan terhadap korban yang mengalami luka dan memberikan pernafasan buatan pada korban.

“Dengan ilmu yang mereka terima saat pelatihan, mereka bisa memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan sampai pertolongan medis datang ke lokasi kejadian,” jelas dia.

Malik menambahkan, para satpam juga dilatih cara memadamkan api serta penanganan cepat bila terjadi bencana di wilayah kerja mereka.

“Satpam dilatih supaya tanggap darurat serta mahir mengidentifikasi wilayah kerja mereka, bila tempat mereka rawan bencana bisa segera dilaporkan, atau jika sewaktu terjadi bencana, satpam pun sudah siap bagaimana cara evakuasi dan sebagainya,” tambahnya.