KPU Gelar Coklit Serentak Mulai 20 Januari

Pelaksanaan Colkit di rumah dinas Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, Sabtu (20/01/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia.

Di Kota Muara Enim, KPUD menggelar apel kesiapan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak se-Indonesia, Sabtu (20/01/2018).

Apel itu dipimpin langsung Ketua KPU Sumsel Aspahani, dihadiri komisioner serta sekretariat KPU Muara Enim, PPK Muara Enim, PPS dan PPDP se-Kecamatan Muara Enim.


Berita Terkait:


Menurut Aspahani, kegiatan Coklit dilaksanakan mulai 20 Januari -18 Februari 2018 mendatang. Untuk di Kabupaten Muara Enim jumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilihnya (PPDP) sebanyak 1.054 orang.

“Setiap PPDP nantinya akan mencoklit minimal 5 rumah, jadi di Kabupaten Muara Enim hari ini sebanyak 5.270 rumah akan dicoklit,” ujarnya.

Dijelaskan Asphani, PPDP bertugas mencoklit data pada model A-KWK yang didapat dari Kementerian Dalam Negeri dan DPT Pilpres tahun 2014 lalu.

“PPDP akan datang ke rumah-rumah untuk mendata pemilih, apakah sesuai data di lapangan. Data hasil coklit nantinya akan diolah kembali menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada bulan April nanti,” terangnya.

Dari hasil Coklit, kata Asphani, bisa saja terjadi penambahan data, karena ada pemilih yang umurnya sudah 17 tahun, bisa juga berupa pengurangan karena adanya pemilih meninggal dunia atau pindah alamat.

“Pada saat proses mencoklit  PPDP juga akan mendata pemilih pemula, seperti anak-anak  kelas 2 atau 3 SMA yang sudah berumur 17 tahun, namun belum memiliki KTP. Selain itu PPDP juga mendata pemilih disabilitas, jadi bisa disiapkan akses untuk mereka agar dalat menyalurkan hak pilihnya,” ungkapnya.

Seusai apel, Aspahani langsung memonitoring proses Coklit yang dilakukan PPDP di Kelurahan Air Lintang di kediaman Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, Sekda Muara Enim Hasanuddin, tokoh masyarakat Upandi Said, Djusni serta di Kelurahan Pasar III Muara Enim dikediaman pemilih disabilitas Sugeng.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Muara Enim Shinta Paramita mengapresiasi proses Coklit yang dilakukan KPU dan dia berharap dengan dilakukan coklit dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kontestasi elektoral.

“Sesuai pesan Bupati Muara Enim, kesuksesan Pilkada bukan pada siapa yang menang atau kalah, melainkan seberapa besar partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya,” kata Shinta yang juga merupakan bakal calon Bupati Muara Enim melalui jalur perorangan.