Guru Jadi Pelopor Pemberantas Narkoba dan Rokok

BNNK Muara Enim lakukan sosialisasi sekolah-sekolah dalam upaya memutus penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda.

ALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Muara Enim kembali meningkatkan sinergi dengan para pelaku tenaga pendidikan. Hal ini dilakukan dalam upaya memutus kasus penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda khususnya pelajar.

Ketua BNNK Muara Enim, Ika Wahyu Hindaryati menuturkan, untuk mewujudkan hal tersebut  pihaknya kini menjadikan para guru sebagai pelopor pemberantas narkoba dan rokok diwilayah lingkungan sekolahnya mengajar.

“Kami sangat mengharapkan para guru bisa menjadi media sekaligus pelopor pemberantas narkoba dan rokok melalui sosialisasi yang bisa diberikan di sela-sela pemberian materi pelajaran sekolah,” kata Ika ditemui disela kegiatan sosialisasi bahaya dan antisipasi narkoba bagi guru yang digelar di ruang rapat Bappeda Muara Enim, Rabu (21/03/2018).

Dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti puluhan guru dari SMP dan SMA negeri dan swasta kota Muara Enim. Ika mengatakan guru memiliki peran sangat penting dalam penanggulangan bahaya narkoba di kalangan pelajar.

“Sedangkan sosialisasi bahaya rokok melalui pelajaran disekolah sangat efektif mengingat rokok merupakan pintu gerbang narkoba,”jelasnya

Dijelaskannya para pendidik selain bisa memberikan sosialisasi, mereka juga diminta membuat program kebijakan bertujuan menjauhkan para murid dari bahaya narkoba.

Selain itu, para guru juga harus mengawasi dan melaporkan para murid mereka yang memiliki tanda-tanda pencandu. Ika menuturkan, guru pun bisa mengajak murid tersebut supaya mendapat rehalibitasi di klinik pratama BNNK Muara Enim.

“BNNK Muara Enim sudah memiliki fasilitas klinik pratama, para pencandu bisa mendapat layanan rawat jalan, kami menerima pasien pelajar dan masyarakat umum, perlu diingat selain biaya gratis, para pasien yang dirawat dijamin tidak dipenjara tidak perlu takut,” pungkasnya.