Bupati Muara Enim Teken Gerakan Menuju 100 Smart City

 

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar melakukan penandatanganan nota kesepahaman “Gerakan Menuju 100 Smart City”, di Hotel Redtop Convention Center, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar bersama 50 orang kepala daerah se-Indonesia  melakukan penandatanganan nota kesepahaman “Gerakan Menuju 100 Smart City”, di Hotel Redtop Convention Center, Jakarta, Selasa (8/5/2018)

Penandatanganan ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di daerah masing-masing.

Gerakan menuju smart city sudah bergulir sejak 2017. Saat itu, 25 kabupaten/kota terpilih untuk mengikuti kegiatan ini. Sementara, 25 kabupaten/kota lainnya ditargetkan mengikuti kegiatan ini pada tahun depan.

Menteri komunikasi dan informatika Rudiantara menyampaikan bahwa smart city bukanlah semata-mata belanja teknologi, melainkan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik.

“Kita mendefinisikan apa yang akan diberikan dan dirasakan langsung oleh masyarakat, kemudian membuat tekhnologinya,” lanjuta dia.

Program smart city diinisiasi oleh kementerian komunikasi dan informatika, didukung kementerian dalam negeri, kementerian keuangan, kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, kementerian aparatur negara, bappenas serta kantor staf kepresidenan.

Bupati Muara Enim usai penandatanganan menyampaikan, gerakan menuju smart city ini dirangkaikan dengan penandatangani nota kesepahaman dimulainya rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di daerah.

“Hasil dari Gerakan Menuju 100 Smart City ini terbentuknya master plan yang memuat rencana pembangunan smart city di Kabupaten Muara Eim dalam 5 hingga 10 tahun ke depan,” ucap Muzakir.