Memperingati Hardiknas dan Kartini, SMPN 1 Ujanmas Gelar Berbagai Lomba

Berbagai lomba digelar OSIS SMP Negeri 1 Ujanmas dalam rangka memperingati Hardiknas dan Hari Kartini, Rabu 92/5/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kartini 21 April lalu, Organiasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 1 Ujanmas menggelar lomba peragaan busana, drama adat istiadat, dan diksusi tentang emansipasi wanita. Lomba digelar, Rabu (2/5/2018) di SMP Negeri 1 Ujanmas, Kabupaten Muara Enim.

Pembina OSIS SMP Negeri 1 Ujanmas April Lihat mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk mendukung program kerja OSIS dan program kegiatan sekolah yang tercantum dalam RKAS sekolah setiap tahunnya.

“Kegiatan ini merupakan program kerja OSIS dan sekolah sesuai dengan RKAS. Melalui kegiatan ini kita berharapan anak didik mampu mengaktualisasikan diri tidak hanya mampu dibidang akademik semata, namun non akademik. Sehingga menjadi manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” terang April.

April menyampaikan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut seluruh siswa-siswi  SMP Negeri 1 Ujanmas perwakilan kelas dan juri berasal dari dewan guru.

“Pesertanya perwakilan kelas dengan dewan juri merupakan guru-guru SMP Negeri 1 Ujanmas dan akan dilaksanakan selama satu hari,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Ujanmas Ipan Darmanto mengatakan, memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

“Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” ucap Ipan.

Lebih lanjut Ipan mengatakan bersamaan dengan pembangunan insfratruktur yang dilaksanakan oleh pemerintah, saat ini kita juga harus tetap melanjutkan peningkatan mutu sumber daya manusia.

Peningkatan SDM tersebut, lanjut dia, tidak hanya dengan ilmu pengetahuan semata namun harus diimbangi dengan kegiatan pengembangan diri.

“Kegiatan lomba peragaan busana, merias serta drama adat ini untuk membentuk karakter anak didik, tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan semata, namun juga kemampuan mengelola dan mengeksplorasi diri di bidang non akademik,” tutup Ipan.