Sopir Bus Protes Karena Harus Bersaing Dengan Damri

Pengoperasian perdana Bus Damri rute Muara Enim – Palembang, Kamis (17/5/2018) kemarin.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM– Puluhan sopir angkutan kota dalam provinsi (AKDP) jurusan Palembang – Tanjung Enim menyetop bus Damri di Desa Gunung Megang, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaen Muara Enim, Senin (21/5/2018).

Mereka memprotes keberadaan bus Damri yang melintasi trayek yang sama persis dengan mereka.

Lukman, salah satu sopir bus mengatakan, kehadiran bus Damri tersebut memperlihatkan pemerintah tidak berpihak kepada masyarakat, namun hanya mementingkan kepentingan golongan tertentu semata serta telah mematikan usaha transportasi umum yang dimiliki oleh masyarakat.

“Kami menolak kehadiran bus Damri ini karena telah merusak mata pencarian kami. Kami meminta kepada pemerintah untuk menghentikan operasi bus Damri ini,” kata Lukman.


Berita Terkait:  Bupati Muara Enim Lepas Perdana Damri Rute Muara Enim- Palembang


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Muara Enim Riswandar ketika menemui perwakilan sopir mengatakan pihaknya dan manajemen Damri telah bersepakat akan menarik bus Damri dari Muara Enim jika sudah transportasi umum yang dimiliki oleh masyarakat sudah layak operasi dan sesuai dengan peraturan menteri perhubungan.

“Besok jika ada angkutan umum yang sudah memenuhi standar keselamatan dan kenyaman serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan transportasi umum, pihak Damri langsung akan menarik diri dari Muara Enim,” terang Riswandar.

Lebih lanjut Riswandar menjelaskan, pihaknya telah beberapa kali meminta kepada bus AKDP untuk melakukan perbaikan terhadap aramada yang mereka miliki sehingga sesuai dengan peraturan yang ada serta mengurus semua perizinan terkait dengan rute dan trayek angkutan.

“Kita sudah beberapa kali memperingatkan dan mendiskusikan masalah ini bahkan terakhir kali dalam forum lalu lintas tahun lalu terkait permaslahan ini. Namun sampai hari ini tidak ada yang mematuhi hal tersebut, sehingga kita memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak Damri. Perusahaan Negara yang lebih aman,  nyaman, dan aman serta disubsidi oleh pemerintah demi memunuhi kebutuhan tranportasi masyarakat Kabupaten Muara Enim,” tegasnya.

Salah seorang warga Muara Enim yang hendak ke Palembang Anas (25), dirinya mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim yang bekerja sama dengan Damri untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang layak,  nyaman,  aman,  dan terjangkau bagi masyarakat.

“Dengan hadirnya bus Damri ini kami merasa sangat terbantu, sehingga ada kendaraan umum yang layak,  aman,  nyaman, dan terjangakau.  Apa lagi busnya semuanya dalam kondisi baik sehingga tidak merasa was-was ketika dalam perjalanan, “ujarnya.