Satu Rumah di Penanggiran Ludes Terbakar

Petugas Damkar Muara Enim nampak memadamkan sisa api di sebuah rumah yang terbakar di Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Kamis (8/6/2018) malam,

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM– Sebuah rumah permanen berdinding kayu yang dihuni tiga kepala keluarga ludes dilalap si jago merah, Kamis (7/6/2018), sekitar pukul 22:30 WIB di Dusun V, Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, rumah diketahui milik Mamano (alm) yang dihuni oleh tiga kepala keluarga, yakni Cik Nida, Sarianto dan Lison.

Api pertama kali terlihat oleh masyarakat sekitar pukul 22: 15 WIB berasal dari dapur rumah korban. Saat itu, kobaran api sudah mulai membesar. Sementara pemilik rumah, sedang tertidur pulas.

Warga yang melihat api, berusaha melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya dan mengevakuasi korban. Namun, karena rumah sebagian besar materialnya kayu, api dengan cepat membesar. Wargapun kesulitan memadamkan api tersebut. Api berhasil dipadamkan pukul 23:30 WIB, setelah dibantu tiga unit mobil pemadam kebarakan.

Kasi Pemadam Kebakaran dan Oprasi Dinas Pemadam Kebakaran Muara Enim, Abu Bakarudin saat dikonfirmasi mengatakan, setelah mendapat informasi dari masyarakat, pihaknya langsung berangkat menuju lokasi kejadian.

“Kita langsung mengerahkan seluruh tim pemadam. Alhamdulillah, api dapat dipadamkan pukul 23:30 WIB,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Gunung Megang AKP Iwan Gunawan saat dikonfirmasi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Tidak ada korban jiwa pada persitiwa itu, namun kerugian meteril ditaksir hingga Rp 200 juta,” ujar Iwan.

Lebih lanjut Iwan menambahkan, petugas telah memeriksa saksi-saksi. Sementara pemilik rumah belum bisa diperiksa karena masih trauma.

“Saat ini kita telah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi, namun pemilik rumah belum bisa dimintai keterangnya karena masih  trauma,” lanjutnya.

Kepala BPBD Muara Enim Mohamad Tasman mengatakan, mereka telah turun langsung ke lokasi kejadiaan bersama tim dari Damkar Muara Enim untuk melakukan pemdaman dan menghitung kerugiaan yang diakibatkan kebakaran tersebut.

“Tim kita bersama-sama dengan damkar telah turun ke lapangan dan Insy Allah hari ini jika tidak ada halangan kita akan memberikan bantuan kepada korban,” tutupnya.