Calon Haji Muara Enim Gunakan Kartu Kesehatan Elektronik

Kartu kesehatan elektronik jemaah calon haji Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – – Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang akan berangkat tahun ini, kini tak perlu kerepotan membawa buku kesehatan haji. Dinas Kesehatan Muara Enim setempat telah menerbitkan kartu kesehatan elektronik.

Kartu kesehatan elektronik tersebut telah dibagikan kepada seluruh JCH asal Kabupaten Muara Enim disela kegiatan penutupan Manasik Haji 2018 yang berlangsung di Masjid Babusalam Islamic Center, Muara Enim, Kamis (19/7) kemarin.

Pengelolah program kesehatan haji Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Desi Andriani, menuturkan saat ini JCH tidak perlu repot lagi membawa buku kesehatan haji, karena pihak Kementrian Kesehatan telah menghadirkan inovasi berupa kartu kesehatan elektonik.

“Mulai tahun ini JCH dibekali kartu elektronik, jadi mereka tidak perlu lagi repot membawa buku kesehatan, seluruh kartu sudah dibagikan secara bertahap,” ujar Desi.

Desi menjelaskan, kartu kesehatan haji elektronik ini merupakan buku kesehatan haji online yang berisi riwayat kesehatan jamaah haji yang bersangkutan. Kartu kesehatan Haji elektronik ini akan terhubung dengan Sistem Informasi Kesehatan Haji (Siskohatkes) jamaah haji.

“Kartu ini bisa diakses secara online oleh petugas haji di embarkasi Palembang, untuk mengecek status kesehatan haji jemaah,” jelas Desi.

Dalam siskohatkes tersebut, lanjutnya akan terekam riwayat kesehatan haji, dan proses pemeriksaan jemaah calon haji. Menurutnya, Kartu ini lebih lengkap dibandingkan buku kesehatan manual yang tidak memuat proses pemeriksaan kesehatan.

“Selain itu, kartu ini juga memperingan beban jemaah haji. Sebab, calon haji tak perlu lagi membawa buku manual kesehatan, namun cukup dengan kartu elektronik saja,”ucapnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Muara Enim, Muhamad Abdu, mengapresiasi dinas kesehatan setempat yang telah merampungkan proses penginputan data hingga pembagian kartu kepada seluruh JCH.

“Kita harapkan hadirnya kartu dapat semakin meningkatkan kenyamanan jemaah, namun demikian seluruh JCH tetap diharapkan menjaga kesehatan diri masing-masing supaya dapat menjalankan aktivitas ibadah dengan sungguh-sungguh untuk meraih haji Mabrur,”tutupya.