Pemkab Muara Enim Siapakan 8 Bus Angkut Jemaah Haji

Jemaah calon haji

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyiapkan 8 bus damri untuk mengangkut jemaah calon haji (JCH) yang rencananya akan berangkat pada 1 Agustus 2018.

“Pemkab Muara Enim tidak menggangkarkan uang saku kepada jemaah calon haji. namun kita fasilitasi bus gratis menuju asrama haji di kota Palembang,” kata Kabag Kesra Setda Muara Enim Rusdi Khairullah, usai memimpin rapat persiapan keberangkatan dan kepulangan JCH asal Kabupaten Muara Enim di ruang Rapat Pemkab Muara Enim, Rabu (18/07/2018).

Rusdi menyampaikan, sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008, biaya transport JCH di daerah menuju asrama haji ditanggung pemerintah.

“Ada disediakan sebanyak 8 unit bus yang mengantar rombongan JCH berangkat dari Masjid Babusalam Islamic Center. Rombangan rencananya akan dilepas oleh Plt Bupati Muara Enim Teddy Meilwansyah,” ujar dia.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Muara Enim, Muhamad Abdu menerangkan, tahun 2018 ini jumlah JCH Kabupaten Muara Enim yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 283 orang, terdiri dari 131 jamaah laki-laki, dan 152 jamaah perempuan.

“Tiga di antaranya adalah Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD),” terangnya.

JCH Kabupaten Muara Enim sendiri direncanakan akan berangkat pada tanggal 1 Agustus 2018 mendatang menuju asrama haji Palembang. Kemudian keesokan harinya terbang menuju Jeddah.

Nantinya, JCH Muara Enim masuk gelombang dua dan tergabung dalam kloter 12 Embarkasi Palembang.