Pj Bupati Teddy Meilwansyah Terima Audiensi PWI Muara Enim

Kkunjungan pengurus dan anggota PWI Muara Enim ke Pemkab Muara Enim, Selasa (24/7/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM– Pejabat Bupati Muara Enim Teddy Meilwansyah mengapresiasi dan mendukung program kerja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Muara Enim.

Hal itu disampaikan Teddy ketika menerima kunjungan pengurus dan anggota PWI Muara Enim, Selasa (24/7/2018) di ruang Rapat Bupati Muara Enim.

Menurut Teddy, program kerja PWI Muara Enim mendorong kemajuan dan pembangunan yang ada di Bumi Serasan Sekundang ini patut didukung.

Apa lagi dalam hal keterbukaan publik serta penyampaian informasi dan kritisi terhadap pemerintah daerah sangatlah diperlukan.

“Kita sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PWI Muara Enim dalam membantu pemerintah daerah terkait informasi dan publikasi daerah. Apa lagi dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik serta kemajuan daerah peran serta media sangatlah besar maka dari pada itu kita berharap hubungan baik ini dapat tetap terjalin,” ujar Teddy.

Teddy berjanji akan segera mengusulkan bagian aset daerah untuk menyiapkan satu gedung agar dapat dipinjam pakaikan kepada PWI Muara Enim sebagai kantor.

“Saya akan tanyakan kebagian aset untuk meminta salah satu gedung yang tidak terpakai agar dapat digunakan oleh PWI Muara Enim sebagai sekretariat. Sangatlah disayangkan jika organisasi besar seperti PWI masih belum memiliki kantor,” ucap Teddy.

Teddy mengatakan, Pemkab Muara Enim akan membantu PWI mengembangkan usaha, agar mampu mendapatkan dana pembiayaan organisasi melalui koperasi.

Ide membentuk koperasi tersebut didapat ketika PWI Muara Enim melakukan kunjungan ke PWI DI Yogyakart. Dirinya juaga akan berkomunikasi dengan dinas terkait terhadap pengolahan tempat wisata yang ada di Kabupaten Muara Enim guna peningkatan PAD Muara Enim melalui pariwisata daerah.

“Kita akan membantu PWI Muara Enim dalam kemandirian organisasi. Kita akan mengajak perwakilan PWI Muara Enim untuk belajar ke Pemkot Surabaya terkait kerja sama antara PWI dan Pemkot Surabaya yang mampu bersinergi sehingga menghasilkan pemasukan bagi organisasi, serta mengajak instansi terkait untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait dengan pengembangan wisata daerah,” lanjut Teddy.

Teddy juga meminta program kerja PWI tahun 2019 agar dapat meningkatkan kualitas SDM dan kemampuan wartawan Muara Enim dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua PWI Muara Enim Andi Candra menyampaikan hasil studi banding yang digelar PWI Muara Enim ke DI Yogyakarta.

Menurut dia, kunjungan tersebut bermanfaat bagi anggota PWI, diantaranya bagaimana cara seorang jurnalis mencari berita dan tanpa menyebarkan berita hoax.

Selain itu PWI Muara Enim juga mendapatkan Piagam Yogyakarta yang langsung ditanda tangani oleh Sri Sultan HB ke-X.

“Banyak sekali yang kita dapat selama melakukan studi banding, terutama bagaimana cara membuat berita yang benar, Piagam Yogyakarta serta bagaimana mengembangkan aset wisata di daerah tersebut,” ujar Andi.

Andi menambahkan, hampir 90 persen anggota PWI Muara Enim telah kompeten dalam membuat berita. Hal itu dibuktikan lulusnya para anggota PWI dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW), diantaranya dilaksanakan oleh Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim.

“Semoga nantinya kita akan selalu mampu mengedukasi masyarakat dalam memberikan informasi demi kemajuan Muara Enim dan kita yakin sebanyak 90 persen wartawan PWI Muara Enim sudah melakukan uji kompetensi dalam pembuatan berita,” tutup Andi.