Lomba Bakiak, Meriahkan HUT RI ke-73

Lomba bakiak dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73, digelar Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Puluhan peserta berasal dari pelajar, dinas/instansi dan masyarakat umum di Bumi Serasan Sekundang mengikuti lomah terompah panjang atau sering juga disebut bakiak dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73, Selasa (7/8/2018).

Lomba digelar Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Muara Enim, di Lapangan Merdeka, Kota Muara Enim.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Muara Enim, Rusdi Hairullah disela kegiatan tersebut mengataan, bakiak merupakan olahraga tradisional yang sudah ada sejak dulu.

Olahraga ini, kata dia, selain mampu meningkatkan kebugaran tubuh, juga memupuk kemampuan kerja sama serta kekompakan sesama tim.

“Lomba ini untuk memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara. Terompah kita tahu, tanpa kebersamaan tidak bisa jalan. Satu saja menghambat tidak bisa. Makanya dibutuhkan kerja sama tim,” ujar Rusdi.

Sebelumnya, rangkaian lomba memperingati HUT RI, Senin (06/08/2018) telah berlangsung sejak 2 – 11 Agustus 2018 mendatang.

“Lomba dimulai dari Liga Sepakbola Berjenjang pada Kamis 2 Agustus 2018 Minggu lalu. Kemudian, hari ini diadakan tarik tambang, dan puncaknya pada hari Sabtu nanti akan diadakan jalan santai,” terangnya.

Rusdi mengatakan, pemenang dari setiap kegiatan akan diambil juara ke-1 – 3 dan akan diberikan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan serta uang pembinaan.

“Selain memperingati HUT RI, lomba ini sebagai hiburan kreasi untuk warga Muara Enim. Para peserta lomba dari pelajar, PNS, TNI/Polri hingga masyarakat umum,” ujarnya.