PTBA Gelar Seleksi Umroh Gratis untuk Marbot Masjid

Salah seorang marbot sedang mengikuti seleksi umroh gratis yang digelar PT Bukit Asam.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — PT Bukit Asam (PTBA) menggelar seleksi pemberangkatan umroh bagi marbot masjid. Sebanyak 64 orang Marbot Masjid yang berada diwilayah operasional PTBA mengikuti seleksi tersebut di Masjid Jamik Bukit Asam, Tanjung Enim, Rabu (1/8/2018).

Para peserta merupakan perwakilan dari masjid yang ada di Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, Kota Muara Enim, Merapi Barat dan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Seleksi yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut melibatkan melibatkan Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI),  pengurus Masjid Jami Bukit Asam.


Berita Terkait:


Ketua panitia program umroh gratis PTBA, Mustafa Kamal menerangkan, seleksi dilaksanakan untuk memilih peserta yang benar-benar siap melaksanakan ibadah umroh.

Dia menjelaskan, kuota dibatasi hanya untuk 20 orang saja. Bagi yang tidak lolos seleksi dapat mengikuti kembali pada program selanjutnya.

“Jumlah peserta seleksi ada 64 orang. Mereka ini semuanya marbot atau datuk masjid yang direkomensasi dari desa dan masjid tempatnya bertugas,” ujar Mustafa.

Ditambahkan dia, peserta seleksi ini tergolong masyarakat miskin yang direkomendasi pemerintah setempat dan telah melalui seleksi administrasi dan seleksi praktek ibadah, meliputi kemampuan adzan, kemampuan sebagai imam shalat, dan kemampuam baca Al Quran.

“Peserta lolos seleksi akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus saat upacara HUT Kemerdekaan RI di Kantor Besar PTBA,” ujarnya.