Pers Berperan Ciptakan Iklim Kondusif Bagi Industri Hulu Migas di Sumsel

Dialog PT Medco bersama jurnalis Sumatera Selatan.

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Media massa di Sumatera Selatan terus mendukung berbagai aktivitas kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) termasuk PT Medco E&P Indonesia dalam upaya memenuhi kebutuhan minyak dan gas bumi (migas) Nasional.

Para insan media di Sumsel melalui pemberitaannya selama ini mampu menciptakan iklim kondusif tersebut.

Hal tersebut disampaikan Deputy General Manager Indonesia West PT Medco E&P Indonesia, Muhammad Zulkifli, saat membuka kegiatan dialog bersama jurnalis Sumatera Selatan dengan tema Potret industri Hulu Migas dan Dinamika Media Massa di Indonesia, pekan kemarin di Palembang.

Menurut Zulkifli, berita-berita di media massa mampu membentuk opini positif serta mempertahankan iklim kondusif atas individu maupun organisasi di mata publik.

Oleh karena pentingnya peran media massa tersebut, para wartawan diharapkan dapat terus meningkatkan keahlian serta wawasannya dalam berbagai sektor, termasuk dalam industri hulu migas.

Media masaa juga berperan mengedukasi masyarakat menyampaikan pesan, menyamakan persepsi dan pemahaman tentang industri ini sehingga industri ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara. ‘

“Saya berterima kasih atas hubungan yang baik antara perusahaan dan insan pers di Sumsel selama ini sehingga berbagai pemberitaan tentang Medco E&P positif dan berimbang. Kami juga berterima kasih atas eksposur para wartawan tentang program-program pemberdayaan masyarakat yang sudah dilaksanakan oleh Medco E&P di Sumsel,” ujar Muhammad Zulkifli

Kegiatan edukasi ini, selain bertujuan untuk meningkatkan wawasan wartawan tentang industri hulu migas, juga meningkatkan wawasan tentang perkembangan bisnis media massa dimana Medco E&P menghadirkan Pemimpin Redaksi CNN Indonesiacom Yoko Sari dan Direktur Ekskutif lndonesia New Media Watch Agus Sudibyo.

Selain itu, acara ini juga dihadiri Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Perwakilan Sumatera Bagian Selatan, Manajer Senior Humas SKK Migas dan Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas.

Kegiatan rutin tahunan ini melibatkan sekitar 70 jurnalis media cetak, online dan elektronik di Sumsel, khususnya yang meliput di area-area operasi Medco E&P.