Bawaslu Muara Enim Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

Suprayitno, Ketua Bawaslu Muara Enim

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim meminta masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019.

Menurut Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno, Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya, karena serentak pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.


Baca Juga:


“Tugas pengawasan itu terlalu berat untuk kami yang hanya beberapa orang, untuk itu kami berharap semua peserta kegiatan ini dapat terlibat menjadi bagian pengawasan di daerahnya masing-masing,” harap Yitno disela-sela kegiatan Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam Rangka Pileg dan Pilres tahun 2019, pekan lalu.

Yitno berharap masyarakat dapat melapor jika melihat indikasi pelanggaran pemilu. Laporan itu bisa disampaikan secara langsung yakni datang ke Bawaslu atau melalui SMS dan telepon.

“Laporan yang disampaikan melalui SMS akan menjadi informasi awal kami dan akan ditindaklanjuti,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sumsel bidang pengawasan, Iwan Ardiansyah mengakui tugas pengawasan Bawaslu tidaklah mudah. Meski demikian, jika Pemilu dilaksanakan tanpa pengawasan tentunya tidak akan berjalan dengan baik.

Dia mengatakan, peran mahasiwa, kaum cendekiawan, organisasi kepemudaan dan masyarakat luas sangat perlukan untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas.

“Semoga pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Muara Enim dapat berjalan dengan lancar sehingga menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia,” tutup Iwan.