MoU Gubernur Sumsel dan BPJS, Warga Sumsel Berobat Cukup Pakai KTP

Gubernur Sumsel Herman Deru menandatangani kesepakatan bersama dengan BPJS tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Sumatera Selatan (Foto:Humas Pemprov Sumsel).

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG —  Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menandatangani kesepakatan bersama (memorandum of understanding MoU) dengan Badan Penyelengara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Sumatera Selatan.

Penandatanganan dilakukan dalam rangkaian penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA tahun 2019 senilai Rp13,18 triliun kepada kepala daerah dan para pimpinan satuan kerja di provinsi itu di Palembang, Selasa (18/12/2018).

Berita Lain:

Gubernur Sumsel Herman Deru meminta Bupati/Walikota di Sumsel segera menindaklanjuti kesepakatanan tersebut dengan melakukan perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan setempat untuk mencapai cakupan semesta (universal Health Converage/UHC) selambat-lambatnya enam bulan sejak penandatanganan kesepakatan tersebut.

“Kesepakatan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan,” ujar dia.

Perpres tersebut kata dia, Pemerintah Daerah yang menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Daerah wajib mengintegrasikan ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS.

“Konsekuensinya dari ada Perpres tersebut maka jaminan kesehatan daerah di Sumsel yang selama ini dikenal dengan Jamsoskes, telah diintegrasikan ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional mulai 1 Januari 2019,” lanjut dia.

Dimasa transisi ini, dia meminta rumah sakit dan Puskesmas di Sumatera Selatan tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak mampu dan belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Provinsi Sumatera Selatan.

“Bagi masyarakat tidak mampu yang tidak memiliki kartu peserta BPJS tetap dapat berobat. Cukup menunjukan KTP. Karena itu rumah sakit dan puskesmas kita minta memberikan pelayanan secara maksimal,” ucapnya.