Bupati Muara Enim Hadiri Pencanangan Hilirisasi Batubara PT Bukit Asam

Bupati Muara Enim, Direktur Utama PTBA, Menteri BUMN, Menteri ESDM dan Menteri Perindustrian menekan tombol menandai pabrik hilirisasi batu bara di Bukit Asam.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim Ahmad Yani dan Juarsah menghadiri pencanangan pabrik hilirisasi batu bara di Bukit Asam Coal Based Special Economic Zone (BACBSEZ), Tanjung Enim, Minggu (3/3/2019).

Pencanangan diresmikan Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, bersama Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto,

Pencanangan pabrik hilirisasi batubara ini merupakan kelanjutan dari Head of Agreement Hilirisasi Batubara yang telah ditandatangani oleh PTBA, Pertamina, Pupuk Indonesia, dan Chandra Asri Petrochemicals pada 8 Desember 2017 lalu di Jakarta.

Hilirisasi batubara ini terwujud dalam bentuk gasifikasi batubara menjadi urea, dimethyl ether (DME) dan polypropylene.

Bupati Muara Enim menyambut baik kerjasama ini dan mengharapkan hilirisasi batu bara segera terwujud. “Pemkab Muara Enim berharap hilirisasi batu bara ini segera terwujud, sehingga bisa menambah nilai jual batu bara,” ujar Yani.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, Indonesia harus mengembangkan industri hilirisasi batubara bukan hanya dalam mengurangi impor tapi juga dalam rangka mengembangkan ekspor.

“Hilirisasi juga penting dalam upaya mengurangi polusi dari batubara dengan memproduksi clean energy berupa Syngas yang akan jadi hulu dari berbagai produk seperti DME bahkan sampai solar dan avtur,” ujar Rini.