Polsek Gunung Megang Luncurkan Program Tingkatkan Kamtibmas

Kapolsek Gunung Megang, AKP Feryanto.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Kepolisian sektor (Polsek) Gunung Megang meluncurkan tujuh program menarik. Menurut Kapolsek Gunung Megang AKP Feryanto tujuh program ini sebagai upaya peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang ada di wilayah hukumnya.

“Ketujuh program tersebut yakni My Job My Adventure (MJMA), Polisi Peduli Sesama (PPS), Kontrol Keliling (Koling), Ngobrol Perkara Iman dan Kamtibmas (Ngopi Kamtibmas), Sapa Hargai Jabat dan Olahraga (Sahabat Olahraga), Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD), dan Polisi Sahabat Anak,” terang dia, Sabtu (16/3/2019).

Dijelaskan Feryato, program MJMA merupakan kegiatan patroli ke daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan harapan masyarakat dapat merasakan kehadiran Polisi di tengah masyarakat,” ujar Kapolsek Gunung Megang AKP Feryanto.

Untuk program PPS, merupakan program sosial membantu masyarakat yang tertimpa musibah atau masyarakat yang berada di garis kepolisian.

Program Koling yakni melibatkan peran aktif masyarakat untuk membuat Siskamling sebagai daya tangkal untuk menciptakan kamtibmas di lingkungan masing-masing.

“Setiap malam kami sempatkan untuk mengontrol siskamling ke beberapa desa,” kata Fery.

Selanjutnya program Ngopi Kamtibmas dimaksudkan untuk menambah ilmu dan keimanan. Menurut Fery, keimaman ialah faktor untuk meniadakan gangguan keamanan.

“Ketika keimanan masyarakat tinggi, kami percaya tingkat keamanan pasti tinggi juga,” ungkapnya.

Untuk menunjang pelaksanaan tugas kondisi fisik yang prima juga harus dijaga yakni dengan program Sahabat Olahraga. “Program ini berupa olahraga sepakbola, futsal serta gowes,” imbuh Fery.

Polsek Gunung Megang juga mempunyai program preventif untuk mencegah tindak pidana di wilayah hukumnya, yaitu KKYD.

“KKYD merupakan salah satu dari tujuh program kita, dengan tujuan untuk pengungkapan kasus, prepentif untuk mencegah tindak pidana seperti patroli, razia, dan juga pengungkapan kasus yang sudah menjadi target operasi,” lanjutnya.

Terakhir program Polisi Sahabat Anak. Hal ini dilakukan agar anak-anak terbiasa bersahabat dengan polisi dan mampu menghindarkan para generasi muda dari tindak pidana ataupun kenalan remaja dimasa remajanya nanti.

“Program kita yang terakhir kita sebut Polisi Sahabat Anak. Kita adakan program ini supaya anak-anak merasa dekat dengan polisi dan mampu menghindari dirinya dari perbuatan yang melanggar hukum,” tutup Ferryanto.