PT TeLPP Bantu Benih Padi dan Jagung

PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT Tel PP) memberikan bantuan 4.375 kg benih padi unggul Ciherang dan 120 kg benih jagung untuk petani di Desa Kuripan Induk dan Kuripan Selatan, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT Tel PP) memberikan bantuan 4.375 kg benih padi unggul Ciherang dan 120 kg benih jagung manis unggul hibrida untuk petani di Desa Kuripan Induk dan Kuripan Selatan.

Bantuan ini merupakan upaya PT Tel PP mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan, yaitu dengan melakukan peningkatan dan pengembangan sektor pertanian khususnya tanaman pangan padi dan jagung.

Menurut Bagian CSR PT Tel PP, Suparno, bantuan tersebut dilakukan perusahaan untuk mempertahankan produksi beras dan jagung yang mengalami penurunan. Padahal, lahan pertanian yang ada cukup luas.

“Lahan persawahan di Desa Banuayu yakni sekitar 275 hektar dengan 14 kelompok tani yang masing-masing anggotanya 25 orang. Sedangkan luas lahan pertanian khususnya palawija terdapat puluhan hektar di Desa Kuripan dan Kuripan selatan,” kata dia.

Suparno juga meminta petani untuk terus berinovasi mengembangkan budidaya bibit unggul yang telah diberikan oleh CSR PT TeLPP.

“Semoga benihnya dapat dimanfaatkan sebaik baiknya dan agar benar-benar ditanam dan dirawat sesuai petunjuk teknis dari PPL pertanian yang ada. Sehingga produktifitas hasil tanaman nantinya bisa panen maksimal guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat sekitar,” tambah Suparno.

Suparno juga mengapresiasi kelompok Tani Desa Banuayu dan Desa Kuripan yang terus bekerja keras meningkatkan hasil produksi.

“Saya mengapresiasi Gapoktan Tani Desa Banuayu dan Desa Kuripan yang telah bekerja keras dan terus berusaha meningkatkan produktivitasnya yang terus dilakukan sehingga  bisa menyentuh seluruh warga petani  masyarakat menengah ke bawah yang ada di daerahnya,” ujarnya.

Suparno juga berharap Dinas Pertanian Pangan, PPL Pertnaina, BP3, dapat terus berkerjasama, membina dan pendampingan secara terus menerus memotivasi kelompok tani petani agar semakin inovatif dan bisa mengambangkan pertanian tepat guna dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di desa sekitar PT.TeLPP

“Semoga bantuan bibit pertanian ini mampu memberikan semangat dan dorongan bagi semua pihak untuk berpartisipasi dalam mewujudkan kemakmuran dan kedaulatan pangan di Desa sekitar PT.TeLPP, Kecamatan Rambang Dangku dan Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya.